Kapal Cepat Mahasiswa UI Bakal Unjuk Gigi di Swiss

Kapal plat datar karya mahasiswa UI
Sumber :
  • Universitas Indonesia

VIVA.co.id – Sejumlah mahasiswa Universitas Indonesia (UI) yang tergabung dalam tim Hydros Team (HT) menciptakan inovasi Plat Datar. Kapal dengan kecepatan cepat itu akan di bawa ke ajang ?kompetisi Internasional Hydrocontest 2016 di Swiss pada 24 - 31 Juli 2016, dengan tema  ‘efisiensi energi hull kapal’.

Inovasi Siswa SMA Ubah Tanah Liat Jadi Listrik

Berdasarkan keterangan pers yang diterima VIVA.co.id dari , Senin 9 Mei 2016, ?disebutkan kapal plat datar merupakan kapal dengan desain cadik atau hull yang dibuat tidak streamline, tetapi patah-patah.Fungsinya agar memiliki stabilitas yang baik dan mampu mengangkut beban yang berat serta dapat diaplikasikan ke industri maritim.

"Kapal plat datar dalam manufacturing-nya menggunakan alumunium atau baja tanpa bending (bengkok). Dari segi stabilitas, konsep ini sangat baik sehingga mampu mengangkut beban yang berat dan mengurangi luasan permukaan yang basah sehingga menekan jumlah hambatan yang diterima kapal,” ujar salah satu mahasiswa yang tergabung dalam tim HT, Rara Rahil.

Polisi Tidur Bisa Hasilkan Listrik Berkat Karya Anak Malang

Hari ini, kapal tersebut diluncurkan dan diuji coba di Danau Kenanga, Kampus UI Depok denagn disaksikan oleh Direktur Kemahasiswaan UI, Arman Nefi, dan staf Ahli bidang Relevansi dan Produktivitas Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Agus Puji serta para dosen pembimbing dari Fakultas Teknis UI.

Arman menyampaikan kebanggaannya atas prestasi para mahasiswa UI dalam menciptakan beragam karya inovatif. Diharapkan keikutsertaan para tim pembuat kapal inovatif dari UI ini mampu memperkenalkan kapal khas Indonesia dalam kontes internasional serta meningkatkan citra Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Mahasiswa UGM Ciptakan Early Warning System Kebakaran Hutan
Susu berbahan dasar lamtoro

Mahasiswa IPB Ciptakan Susu dari Petai Cina

Susu alternatif yang tinggi protein dan padat zat gizi.

img_title
VIVA.co.id
23 Juli 2019