TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Begini Wajah 'Nyata' Manusia Neanderthal Tertua

Fosil Altamura Man menyatu di dalam gua di Italia.
Begini Wajah 'Nyata' Manusia Neanderthal Tertua
Fosil manusia purba Alturan Man di gua di Italia (www.amusingplanet.com/scienceblog.com)

VIVA.co.id – Dua perekonstruksi paleontologi asal Belanda, Alfons Kennis dan Adrie Kennis berhasil memperkirakan wajah Altamura Man dalam bentuk hiper realistik. Altamura Man dikenal sebagai manusia kerabat dekat manusia moderen (manusia Neanderthal) dengan DNA tertua yang pernah ditemukan.

Wajah manusia Neanderthal tersebut direkontruksi dari fosil yang sudah menyatu di dalam gua tempat ditemukannya Altura Man tersebut.

Dilansir dari Amusing Planet, Rabu 4 Mei 2016, pada 1993, sekelompok ahli gua (speleolog) menyelidiki gua di daerah Altamura Murgia, Altamura, Italia dan secara tidak sengaja menemukan tulang belulang lengkap milik manusia purba, salah satu spesies dari familia Hominidae dari genus Homo. Biasanya spesimen jenis ini sudah dipindahkan ke laboratorium atau museum untuk diteliti.

Namun, ketika peneliti tersebut mencoba menggali dan memindahkan penemuan tersebut, mereka menemukan tulang-belulang tersebut telah menyatu dengan bebatuan. Tetesan air batu kapur dari dinding gua membuat fosil tersebut menjadi semakin tebal dan membuatnya terlihat menyeramkan.

Peneliti berasumsi manusia purba tersebut mati kelaparan setelah terjatuh terperangkap di gua tersebut. Selama bertahun-tahun para ilmuan memperdebatkan usia dan jenis manusia purba tersebut.

Fosil tersebut menunjukkan ciri-ciri Neanderthal terutama di bagian wajah dan kepala bagian belakang. Namun ia juga memiliki bagian tubuh yang tidak menunjukkan ciri-ciri Neanderthal seperti bentuk kening yang terlihat lebih besar dari spesies Neanderthal lain. Penelitian juga dipersulit oleh lokasi penemuan fosil tersebut.

Studi terbaru menunjukkan Altamura Man tersebut adalah Neanderthal yang hidup sekitar 150 ribu hingga 250 ribu tahun yang lalu. Bahkan peneliti meneliti ekstrak DNA yang didapat dari contoh tulang fosil tersebut. DNA tersebut menjadi yang tertua yang pernah ada dari penemuan Neanderthal sebelumnya. Dengan menggunakan teknologi canggih seperti pemindaian laser terhadap fosil dan hasil analisis DNA, para ilmuwan sudah dapat memperkirakan wajah Alturna Man.

http://media.viva.co.id/thumbs2/2016/05/04/5729c2c2105fb-perkiraan-wajah-manusia-purba-altamura-man_663_382.jpg

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP