Peneliti Klaim Bikin Sel Jantung dan Sel Otak dari Kulit

Ilustrasi sel jantung (warna merah)
Sumber :
  • www.eurekalert.org/Yoshida Laboratory, CiRA, Kyoto University

VIVA.co.id – Tim ilmuwan di Amerika Serikat mengklaim telah menemukan cara untuk membuat jantung dan otak. Uniknya, sel jantung dan sel otak ini ‘berbahan dasar’ kulit. Jadi sel kulit mereka ubah menjadi dan sel otak.
 
Dikutip dari Futurism, Rabu 4 Mei 2016, disebutkan kegunaan kulit untuk membuat jantung dan otak dilakukan dalam dua penelitian yang terpisah.

Yayasan Sativa Nusantara Resmi Serahkan Policy Brief Ganja Medis

Pertama, terkait kulit yang disulap menjadi jantung, peneliti memanfaatkan sel kulit agar dapat bertransformasi menjadi sel jantung dengan bantuan sembilan senyawa koktail. Dengan pemberian koktail, sel-sel kulit menjadi sama fungsinya seperti sel induk multipoten atau sel yang dapat berubah menjadi berbagai jenis sel organ tertentu.
 
Kemudian, peneliti memberi lagi koktail, sehingga membantu transisi sel kulit menjadi sel-sel jantung. Ketika ditranplantasikan pada tikus, sel jantung tersebut mampu beradaptasi dan berkembang dalam organ. Peneliti mengklaim keberhasilannya lebih dari 97 persen. Tnadanya, sel jantung berkembang, menanggapi hormon serta menyerupai otot jantung, bukan otot kulit lagi. Detail eksperimen ini telah diterbitkan dalam jurnal Science. 

Untuk percobaan kedua, peneliti mengubah sel kulit menjadi Penelitian itu diterbitkan dalam jurnal Cell Stem Cell. Dalam eksperimen ini, peneliti melakukan pendekatan yang serupa pada sel jantung. Peneliti ‘membujuk’ sel kulit menjadi sel otak juga dengan menggunakan bahan kimia koktail. 

AS dan China Rebutan Lapak di Bulan

Koktail bekerja pada sel kulit menjadi sel otak, hanya dalam waktu sepuluh hari, setelah identitas sel kulit diubah dan semua gen dari sel kulit dimatikan. Setelah tahap tersebut, kemudian gen dari sel-sel induk, seperti saraf secara bertahap dihidupkan.

(ren)

Peneliti Sebut Israel Akan Alami Gempa Bumi Besar
Ilustrasi dokter/rumah sakit.

Dokter Indonesia Dapat Kesempatan Berkarier di Korea

Para profesional medis atau dokter mendapat peluang untuk menjajaki karier di Korea dan Indonesia. Posisi yang terbuka mencakup tiga aspek industri perawatan kesehatan.

img_title
VIVA.co.id
4 Oktober 2023