Total Jumlah Penghuni Bumi Sejak Zaman Purba Sampai Sekarang

Populasi Manusia
Sumber :
  • militanciaviva

VIVA.co.id – Selama ini yang kita tahu, jumlah penduduk di bumi sekarang sekitar 7,4 miliar. Namun yang menjadi pertanyaan penting adalah berapa total manusia yang pernah hidup di bumi, sejak dulu hingga sekarang?

Jumlah Populasi Dunia Lebih Dari 8 Miliar Orang saat Awal 2024

Sebuah lembaga di Amerika, Population Reference Bureau (RPB) mengklaim telah berhasil menghitung perkiraan total manusia yang pernah berdiam di bumi. Penghitungan itu dilakukan dengan mengestimasi jumlah penduduk sejak 50.000 sebelum Masehi (sejarah kemunculan manusia ketika Homo Sapiens ada).

"Jika ditotal, ada sekitar 108,2 miliar orang yang pernah lahir ke bumi sejak sejarah manusia muncul," ujar Carl Haub dari PRB, seperti dikutip BigThink, Selasa 3 Mei 2016.

Ramai Fenomena Childfree, Begini Pendapat Cinta Laura hingga Disebut Mulia

Dikatakan Haub, jika tidak dihitung dengan jumlah manusia yang sekarang masih hidup, sekitar 7,4 miliar, maka total manusia yang sudah mati sekitar 100,8 miliar. Angka itu sama dengan 14 kali lipat orang yang masih hidup saat ini.

"Dalam persentase, ada sekitar 6,8 persen manusia yang masih hidup saat ini," ujarnya.

Alasan Jumlah Penduduk India Melebihi China

Dari tabel yang dipaparkan Haub terkait dengan jumlah penduduk dari tahun ke tahun, pertumbuhan penduduk atau angka kelahiran menurun sejak tahun 1 setelah Masehi sampai 1659 setelah Masehi. Namun sejak 1850 diketahui jika populasi manusia mulai meningkat sampai 6 kali.

"Pada tahun 50.000 sebelum Masehi, hanya ada dua manusia saja dan kita tahu itu siapa. Pada 8000 sebelum Masehi ada 5 juta populasi. Kemudian pada tahun 1 setelah Masehi ada total 300 juta penduduk, begitu seterusnya sampai 2011 dengan populasi berjumlah 6,9 miliar," kata Haub.

Jumlah kelahiran di tahun 1 setelah Masehi mencapai 80 kelahiran untuk setiap 1.000 orang. Angka kelahiran ini terus turun setiap periodenya. Sampai 2011, angka kelahiran menjadi hanya 23 orang per 1.000 orang.

Namun tetap saja, perhitungan ini dikatakan Haub masih bisa diperdebatkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya