Intip Persiapan Solar Impulse 2 Terbang ke Phoenix

Pesawat tenaga surya Solar Impulse 2 terbang 62 jam dari Hawaii
Sumber :
  • Jean Revillard/Solar Impulse

VIVA.co.id – Pesawat tenaga surya yang menjalani misi keliling dunia, dijadwalkan akan melanjutkan penerbangan ke Phoenix, Amerika Serikat pada hari ini waktu setempat. 

VIDEO: Pendaratan Pesawat Tanpa Bahan Bakar Solar Impulse

Solar Impulse 2 akan lepas landas dari Moffett Airfield, Mountain View, California, AS dan terbang menuju Phoenix. Misi penerbangan ke Phoenix itu merupakan misi penerbangan ke-10. 

Untuk penerbangan kali ini, yang akan bertugas menjadi pilot yaitu Andre Borschberg. Pada penerbangan sebelumnya, dari Hawaii ke California, yang menjadi pilot yaitu Bertrand Piccard. 

VIDEO: Solar Impulse 2 Lanjutkan Penerbangan Keliling Dunia

Lepas landas dijadwalkan pada pukul usai tengah malam waktu setempat atau Senin petang 2 Mei 2016 waktu Indonesia. 

Pantauan di Twitter, seluruh kru di California sudah sibuk mempersiapkan peluncuran. Mulai dari menyiapkan modul dalam pesawat, memeriksa kokpit, dan memuat perlengkapan dan makanan untuk sang pilot. Sebelum lepas landas, kru pesawat dan pilot Borschberg menyempatkan makan bersama. 

Cuaca Buruk, Solar Impulse 2 Tunda Terbang Lagi

Kru pesawat tenaga surya itu juga telah mengecek prakiraan angin jelang lepas landas. Laporan menyebutkan prakiraan cuaca berjalan stabil dan tim memutuskan pesawat akan lepas landas mengarah ke Utara.  

Jelang lepas landas, kru juga telah membuka hanggar yang menyelubungi Solar Impulse 2. 

Dikutip dari situs Solarimpulse, penerbangan dari California ke Phoenix diperkirakan akan menempuh waktu 16 jam 23 menit. Penerbangan ini, Solar Impulse 2 akan terbang di atas ketinggian 720 mil di atas Gurun Mojave. Nantinya, pesawat akan mendarat di Phoenix Goodyear Airport. 

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya