Akhirnya, Pendiri Bitcoin Terungkap

Craig Steven Wright, diduga sebagai pencipta mata uang digital Bitcoin
Sumber :
  • www.theguardian.com/Soldierx.com

VIVA.co.id – Teka-teki seputar pendiri dan penemu mata uang virtual, Bitcoin akhirnya terkuak. Pria asal Sydney yang beberapa waktu lalu diduga sebagai pendiri Bitcoin, Craig Steven Wright akhirnya membeberkan jati dirinya. 

Di Kota Ini, Transaksi Pakai Bitcoin

Melalui blog pribadinya, Wright mengaku dia adalah Pengakuannya tersebut menjadi titik terang. Sebab selama ini pendiri Bitcoin masih buram. Malah ada yang menuding sebelummnya, bahwa pendiri Bitcoin adalah pria asal Jepang, Satosi Nakamoto. Ternyata nama Jepang itu adalah nama anonim yang dipakai oleh Wright.

Dikutip dari The Australian Financial Review, Senin 2 Mei 2016, Wright mengatakan agar spekulasi yang dikaitkan dengan Satoshi segera diakhiri. 

Pendiri Bitcoin Siap Beberkan Bukti Penguat Klaim

"Sejak awal, setelah saya telah menjauhkan diri saya dari persona publik yang merujuk pada Satoshi. Satoshi telah mati, tapi ini hanya awal," tulis dia dalam blognya. 

Dalam rilis kepada media awal pekan ini, Wright menuliskan alasan kenapa dia selama ini menyembunyikan jati dirinya sebagai pendiri Bitcoin. Dia meyakini Bitcoin bisa mengubah dunia menjadi lebih baik. 

Klaim Pendiri Bitcoin Diragukan

"Saya tidak bisa mengambil keputusan secara enteng untuk membuat identitas saya terpublikasi. Saya ingin menjadi jelas bahwa saya lakukan ini karena saya peduli dan bersemangat dengan pekerjaan saya," ujar dia.  

Dia menuliskan, menyembunyikan jati dirinya selama ini juga ingin menghilangkan setiap mitos negatif dan ketakutan tentang Bitcoin dan Blockchain. 

 Craig Wright, Bitcoin

Pengakuan itu dikuatkan oleh laporan dari The Economist, yang telah mengonfirmasi langsung kepada Wright, sebelum blognya terpublikasi luas. The Economist menuliskan Wright mengungkapkan dirinya sebagai Satoshi Nakamoto. 

Soal nama samaran Nakamoto, Wright kepada The Economist, menjelaskan nama Nakamoto karena ia terinspirasi dengan filosof Jepang pada abad ke-17, Tominaga Nakamoto. 

"Saya tidak mencari publisitas, tapi ingin meluruskan saja," ujarnya.

Pengakuan Wright itu disambut positif dari ahli ekonomi dan Direktur Bitcoin Foundation, Jon Matonis. Dia yakin betul bahwa Wright adalah pendiri Bitcoin. 

"Bukti tersebut sangat meyakinkan dan saya tidak ragu bahwa Craight Steven Wright adalah orang dibalik teknologi Bitcoin, nama Satoshi Nakamoto," tulis Matonis. 

Matonis mengakui Wright sangat mahir dalam bidang yang terkait dengan Bitcoin yaitu kriptografi, sosial dan teknik. 

Sebelumnya nama Wright sudah menjadi perhatian pada Desember tahun lalu. Kepolisian Federal Australia saat itu menggerebek sebuah rumah di Sydney. Rumah milik Craig Steven Wright. Saat itu ia diduga, penemu Bitcoin. 

Pada akhir tahun lalu, ia juga sudah dituding kuat memakai nama semu anonim, Satoshi Nakamoto, yang selama ini dipublikasikan sebagai orang yang pertama kali merilis kode Bitcoin pada 2009. Dugaan bahwa Wright merupakan pembuat Bitcoin merupakan hasil investigasi dua media Gizmodo dan Wired. 

Tapi saat itu, belum ada otoritas yang membenarkan atau mengonfirmasi kebenaran Wright sebagai nama asli dari Satoshi Nakamoto dan pencipta Bitcoin. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya