Siapa Mario Miranda, Tokoh Google Doodle Hari Ini

Google doodle hormati Mario Miranda
Sumber :
  • Googe

VIVA.co.id – Google lagi-lagi memberikan penghormatan kepada legenda dari India lewat logo Google Search. Setelah sebelumnya menampilkan Pandit Ravi Shankar, hari ini Google memberikan tribut kepada Mario Miranda.

Tampilkan Kotak Suara, Google Doodle Rayakan Pemilu 2024

Tidak banyak orang yang tahu siapa itu Mario Miranda. Kartunis asal India itu akan merayakan hari ulang tahunnya ke-90 jika dia masih hidup sampai hari ini.

Miranda lahir 2 Mei 1926 di Daman. Dia lahir dari orang tua keturunan Portugis India dengan nama keluarga Sardessai. Nama itu harus ia buang setelah keluarganya mengikuti ajaran Katolik Roma.

Aminah Cendrakasih Jadi Google Doodle, Ini Sosoknya

Dunia kartun sudah dikenalnya sejak masih kecil. Saat masih usia dini, sang ibu melihatnya mencoret-coret dinding rumah. Sang ibu pun membelikannya sebuah buku yang kemudian dinamai “Diary”.

Kartun pertama Mario Miranda menampilkan sketsa kehidupan Desa Goan, desa tempat kelahirannya dan menjadi tema kartun khas, yang membuatnya terkenal hingga saat ini.

Google Doodle Celebrates the Heart Surgeon Dr Victor Chang

Uniknya, Mario Miranda tidak pernah mengenyam pendidikan khusus di bidang seni. Dia juga memulai kariernya sebagai kartunis di grup media Times of India pada 1953.

Hasil karyanya tertuang dalam buku berjudul Goa with Love, A Little World of Humor, Sketch Book, Germany in Wintertime, Impression of Paris, dan Mario de Miranda.

Berkat hasil karyanya itu, Miranda dikenal hingga kancah internasional. Dia menikah dengan Habibah dan memiliki dua putra, Rishaad dan Raul.

Miranda meninggal pada 11 Desember 2011 di kota leluhurnya, Loutolim, Goa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya