Terungkap, Manusia Masa Lalu Pernah Jadi Makanan Hewan

Fosil tulang manusia yang dimakan hewan
Sumber :
  • www.dailymail.co.uk

VIVA.co.id – Para arkeolog menemukan fosil tulang paha manusia di Maroko. Diperkirakan fosil tersebut berusia 500 ribu tahun. Pada tulang itu ditemukan seperti bekas gigitan, sehingga menjadi bukti dahulunya dimakan hidup-hidup oleh hewan.

Dilansir Dailymail, Senin 2 Mei 2016, peneliti mengatakan tulang paha bekas guratan gigi hewan karnivora itu ditemukan di Gua Grotte, dekat kota Casablanca, Maroko. Tulang paha yang ditemukan itu diperkirakan dari manusia jenis awal yang sering disebut hominin dan hewan yang memakan adalah hyena.

"(Bekas gigitan) bergerombol di kedua ujung tulang paha, bagian lembut tulang yang benar-benar hancur. Tanda (gigitan) tertutup dengan sedimen, menunjukkan bahwa mereka sangat tua,” ujar para peneliti.

Peneliti menambahkan, jenis hominin hidup di masa Pleistosen tengah. Pada masa ini, manusia awal menjadi sasaran empuk bagi hewan karnivora saat mereka lapar. Tapi, tergantung pada keadaan, manusia saat itu juga bertindak sebagai pemburu. Jika beruntung manusia tidak akan menjadi bangkai dan malah yang memakan hewan tersebut.

“Meskipun konfrontasi antara manusia kuno dan predator besar periode ini di Afrika Utara telah umum, namun penemuan ini salah satu dari beberapa contoh di mana hominin dimakan oleh karnivora telah terbukti,” kata pengurus Museum D'Histoire Naturelle, Camille Daujeard di Prancis.

Geger Fosil Tanda Akhir Zaman Ditemukan
Kejanggalan Bermunculan Setelah Arkeologi Otak Atik Fosil Ini

Ngeri, Kejanggalan Bermunculan Setelah Otak Atik Fosil Mengerikan Ini

Penemuan luar biasa di Pegunungan Alpen Italia pada tahun 1931 telah memicu kebingungan dalam pemahaman evolusi reptil selama hampir satu abad.

img_title
VIVA.co.id
28 Februari 2024