XL Tambah Alokasi Frekuensi 4G LTE Jadi 15 Mhz

Menara BTS XL Axiata.
Sumber :
  • XL

VIVA.co.id – PT XL Axiata Tbk membutuhkan tambahan frekuensi untuk memperkuat kualitas jaringan 4G LTE yang dimilikinya. Mereka pun memperbesar alokasi penggunaan frekuensi dari semula 10 Mhz menjadi 15 Mhz.

Begini Cara XL Axiata Buat Pelanggan Tidak Pindah ke Lain Hati

Dikatakan Chief Services Management XL Axiata, Yessie D. Yosetya, langkah ini sebagai upaya untuk memberikan kenyamanan pada pelanggan, sekaligus untuk memanfaatkan spektrum 1800 Mhz secara lebih efektif dan efisien.

"Proses ini sudah berjalan sejak 1 April 2016. Meski kualitas internet 4G LTE secara rata-rata sudah lebih bagus dari teknologi generasi sebelumnya, XL memutuskan untuk meningkatkan lagi kualitasnya. Salah satu caranya dengan memperbesar alokasi penggunaan frekuensi dari semula 10 Mhz menjadi 15 Mhz," ujar Yessie dalam keterangan resminya, Jumat, 29 April 2016.  

XL Axiata akan Bersih dari 3G, Hanya Ada 4G dan 5G

Secara teknis, dijelaskan Yessie, XL telah melakukan refarming frekuensi 1800 Mhz dari 2G langsung ke LTE. Penambahan ini diklaim akan meningkatkan kapasitas dan kecepatan layanan 4G LTE.

"Kecepatan maksimum di BTS level akan naik dari 75 Mbps menjadi 100 Mbps," ujarnya.

XL Axiata Lagi Semringah

Untuk tahap awal, penggunaan pita 15 Mhz untuk internet 4G LTE ini baru dilakukan di 4 kota, yaitu Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan Denpasar. Keempat kota itu diklaim memiliki demand yang besar atas penggunaan 4G.

"Langkah refarming ini juga memungkinkan untuk dilakukan karena antara lain kondisi di mana penetrasi penggunaan smartphone 4G yang tinggi, yang sekaligus mengurangi tingkat penggunaan spektrum 1800 Mhz untuk GSM. Karena itu, sangat memungkinkan jika kemudian dilakukan refarming 15 Mhz untuk layanan LTE, tanpa mengurangi kualitas layanan untuk GSM," paparnya.

4G LTE XL diklaim sudah tersebar di 58 kota dengan dukungan lebih dari 3 ribu BTS 4G. Hingga akhir 2016, XL menargetkan 85 kota akan terlayani 4G LTE.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya