Canggihnya Robot Humanoid Pencari Kapal Karam

Robot OceanOne
Sumber :
  • www.gizmodo.com

VIVA.co.id – Para peneliti dari Standford University, San Fransisco, Amerika Serikat (AS) menciptakan robot mirip manusia (humanoid) yang difungsikan pencari kapal karam. punya kemampuan menyelam itu diberi nama OceanOne.
 
Dikutip Mental Floss, Jumat 29 April 2016, berdasarkan laporan dari Gizmodo, dikatakan OceanOne baru saja melewati penjelajahan perdananya mencari bangkai kapal karam sejak abad ke-17, La Lune. Kapal tersebut merupakan kapal unggulan dari armada Raja Prancis Louis XIV. ini dibuat memang difungsikan untuk membantu para arkeolog yang sebelumnya tak bisa mencapai kedalaman laut ekstrim untuk menyelam.
 
Salah satu peneliti, profesor ilmu komputer Oussama Khatib mengatakan, kontrol robot dapat dilakukan oleh manusia dari atas kapal. Peneliti menyematkan teknologi umpan balik haptic, sehingga pengontrol dari atas kapal juga merasakan sentuhan yang sama, ketika OceanOne mengenggam artefak yang ditemukan.

Eropa Sepakat Atur 'Hak Asasi' Robot

 
 
Khatib menambahkan, dengan begitu jarak antara manusia yang mengontrol dengan robot terasa tak jauh, seakan berada disamping robot tersebut.
 
“Kami menghubungkan manusia dengan robot, cara yang sangat intuitif dan bermakna. Manusia dapat memberikan intuisi dan keahlian dan kemampuan kognitif untuk robot. Keduanya mempertemukan sinergi yang luar biasa. Manusia dan robot dapat melakukan hal-hal di daerah terlalu berbahaya bagi manusia, sementara manusia itu masih ada,” kata Khatib.
 
Canggihnya, ternyata selain dikendalikan oleh manusia, para peneliti asal Amerika tersebut juga menyematkan kecerdasan buatan untuk memungkinkan OceanOne yang menjadi ‘pilot’ bagi tubuhnya sendiri.

Robot humanoid Jiajia produksi Universitas Sains dan Teknologi China.

Robot Cantik Ini Bisa Ngobrol dan Bercanda

Jiajia diwawancara beberapa jurnalis dunia.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2017