Ternyata, Planet Kerdil Juga Punya 'Pasangan'

Planet.
Sumber :
  • NASA

VIVA.co.id – Baru-baru ini, teleskop antariksa Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Hubble menemukan bulan mini yang mengorbit pada di luar sistem Tata Surya. Planet Makemake.

Astronom: Planet Layak Huni Ada di 'Halaman Belakang Rumah'

Penemuan bulan 'cebol' itu untuk sementara ini, NASA beri nama MK 2. Badan antariksa negeri Paman Sam itu menyebutkan, MK 2 memiliki ukuran diameter mencapai 100 mil. Bulan tersebut, terletak 13 ribu mil dari Planet Makemake yang ditemukan pada 2005.

Dikutip dari USA Today, Jumat 29 April 2016, NASA menyematkan nama MK 2, karena bulan itu mengorbit pada planet kerdil, yaitu Makemake. Diinformasikan, Makemake ini mempunyai diameter kira-kira tiga perempat dari Pluto.

NASA: Planet Layak Huni Jaraknya Sangat Dekat

"Makemake merupakan planet kerdil paling terang kedua yang berada pada area Sabuk Kuiper, setelah Pluto. Sabuk Kuiper adalah rumah bagi benda es, seperti komet dan asteroid, serta beberapa planet kerdil lainnya," ujar NASA.

Mengenai penemuan oleh para astronomi soal MK 2 ini, Alex Parker dari Southwest Research Institute, mengatakan MK 2 merupakan objek pendamping pertama Makemake. Itu artinya, semakin memperkuat gagasan kalau planet-planet kerdil pun punya objek yang mengelilinginya.

Ditemukan 1284 Planet Baru

"Makemake adalah kelas objek yang serupa dengan Pluto, sehingga penemuan pendamping (Makemake) merupakan hal yang sangat penting," ucapnya.

NASA pertama kali mengamati adanya objek yang mengelilingi Makemake itu sejak April 2015. Meski sudah diamati sejak setahun yang lalu, NASA baru menyakini soal keberadaan MK 2 sebagai satelit alami planet kerdil sekarang ini.

"Penemuan bulan ini memberi kita kesempatan untuk belajar soal Makemake jauh lebih rinci daripada sebelumnya, di mana mengiranya kalau Makemake tidak ada pendampingnya," jelas Parker. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya