VIDEO: Detik-detik Sperma Bertemu Sel Telur pada Manusia

Video sperma saat bertemu dengan sel telur
Sumber :
  • www.sciencealert.com

VIVA.co.id – Peneliti untuk pertama kalinya mampu merekam detik-detik saat sperma manusia berkontak dengan sel telur. Momentum yang diabadikan oleh peneliti Northwestern University itu akan menjadi bekal berharga dalam mempelajari problem kesuburan manusia.

Sel Terbuang Ini Bisa Bikin Wanita Subur  

Dikutip dari Science Alert, Kamis 28 April 2016, video detik-detik bertemu dengan sel telur yang dilakukan peneliti itu merupakan pengembangan pertemuan sperma dan sel telur yang ada pada tikus.

Penelitian pada tikus dilakukan peneliti pada 2011. Empat tahun silam, peneliti masih bertanya dengan munculnya percikan saat pertemuan dan sel telur di tikus. Dalam penelitian, ilmuwan menemukan percikan 'ledakan' zinc pada saat pertemuan tersebut pada tikus.

Stroberi Tingkatkan Kualitas Sperma

Diketahui zinc merupakan salah satu unsur utama kehidupan dan merupakan bahan gizi mikro penting yang banyak tersebar di dalam tubuh manusia. Tak puas, pada 2014, peneliti universitas tersebut mendalami film rekaman video pertemuan sperma dan sel telur pada tikus tersebut, untuk pertama kalinya.

Kemudian peneliti menyaksikan setidaknya miliaran atom zinc telah dirilis pada saat sel telur mamalia itu berhasil ditembus sperma.

Makin Banyak Lelaki di Manado Mau Ikut Vasektomi

Selanjutnya dengan menggunakan sensor canggih yang bisa melacak zinc yang hidup di dalam sel, tim peneliti bisa menemukan hal yang lebih, yaitu kemampuan penyimpanan zinc pada sel telur, 8 ribu bagian zinc yang masing-masing berisi sekitar 1 juta atom zinc. Dan kumpulan zinc tersebut meledak. Saat meledak ada 'kembang api' kecil yang terjadi setidaknya 2 jam setelah terjadinya pembuahan.

Nah, cara dan metode yang sama diterapkan pada manusia. Dan peneliti mengaku melihat momen yang langka dan mengagumkan.

"Ini luar biasa. Kami telah menemukan percikan zinc lima tahun lalu di tikus, dan untuk melihat zinc memancarkan dalam ledakan setiap sel telur manusia, ini adalah luar biasa," kata Teresa Wooddruff, salah satu tim peneliti dalam laporan The Telegraph.

Dalam percobaan pada manusia, tim peneliti memakai enzim sperma untuk mengaktifkan sel telur. Kemudian peneliti menyaksikan momentum pertemuan itu dipicu tingkat kalsium yang meningkat dalam sel telur, kondisi ini selanjutnya memicu pelepasan zinc.

"Begitu zinc keluar, itu mengikat ke molekul kecil yang memancarkan pendar yang diambil oleh kamera mikroskop," kata Sarah Knapton.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya