Lenovo, Xiaomi Digeser Oppo dan Vivo

Vice President Xiaomi Global, Hugo Barra
Sumber :
  • VIVA/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id – Pasar smartphone ternyata mengalami penurunan di dunia, tidak terkecuali di China. Namun beberapa brand dari negara tersebut mengalami kenaikan dan berhasil menggeser brand lainnya.

Laptop yang Bisa Menangkap Sinyal WiFi Ratusan Meter Dijual di Indonesia

Laporan IDC mengemukakan jika tahta Lenovo dan Xiaomi, yang menduduki posisi empat dan lima besar di pasar Smartphone global harus turun. Posisi keduanya digeser, masing-masing oleh Oppo dan Vivo, yang sama-sama produksi China.

Jika Samsung mengapalkan 81,9 juta unit, Apple berhasil dengan 50 juta unit dan Huawei dengan 27,5 juta unit. Sedangkan Lenovo dan Xiaomi tidak lagi berada di urutan lima besar.

Menuju IKN Cerdas: BSSN-Huawei TechDay 2024 Perkuat Ekosistem Digital Indonesia

"Oppo berhasil mengapalkan 14,3 juta unit smartphone pada kuartal pertama tahun ini. Bisa dibilang, pertumbuhannya mencapai 153,2 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Dalam satu tahun ke depan, angka ini akan mengalahkan total pengapalan Oppo tahun lalu yang mencapai 50 juta unit," jelas IDC, seperti dikutip dari Android Headlines, Kamis, 28 April 2016.

Di lain pihak, Vivo pun telah mampu mengapalkan smartphone dalam jumlah yang sama dengan Oppo, 14,3 juta smartphone. Angka ini diklaim naik 123,8 persen dibanding jumlah yang sama tahun lalu.

Debut Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition di Indonesia

Laporan IDC menjelaskan jika pergesera tahta Xiaomi ini bisa dilakukan mengingat kedua brand berani berjualan lewat cara offline. Tidak seperti Xiaomi yang hanya fokus pada jualan di dunia maya (online).

"Penjualan di India telah membantu Oppo menaikkan pangsa pasar, meskipun fokus pasar mereka masih di China. Perlu diketahui jika Oppo dan Vivo cukup popular di tanah kelahiran mereka dan disebut-sebut sebagai smartphone merek premium," tulis IDC.

Jika dijabarkan, pangsa pasar Samsung di dunia kini mencapai 24,48 persen, sedangkan Apple sekitar 15,28 persen, Huawei mencapai 8,19 persen, sedangka Vivo dan Oppo masing-masing memiliki pangsa pasar 5,49 persen dan 4,3 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya