Terungkap, 'Perantara Dewa' Doakan Solar Impulse 2

Kru dan pilot Solar Impulse 2 berdoa sebelum lepas landas dari Hawaii
Sumber :
  • www.solarimpulse.com

VIVA.co.id – Pesawat tenaga surya Solar Impulse 2 telah berhasil melewati tantangan terbang di atas Samudera Pasifik, dalam penerbangan dari Hawaii menuju Mountain View, California, Amerika Serikat. 

VIDEO: Pendaratan Pesawat Tanpa Bahan Bakar Solar Impulse

Kesuksesan penerbangan kesembilan dari misi keliling dunia dengan pesawat tanpa bahan bakar itu diwarnai dengan berbagai momen yang unik. Persiapan kru dan tim dilakukan dengan matang serta dukungan teknologi membuat misi penerbangan tersebut berlangsung mulus. 

Namun demikian, dikutip dari website Solar Impulse, Selasa 26 April 2016, meski berlandaskan pada teknologi, ternyata ada fakta unik sebelum Solar Impulse 2 lepas landas dari bandara Kalaeloa, di Hawaii, pada Kamis 21 April 2016. Tim melakukan ritual dan didoakan secara khusus.

VIDEO: Solar Impulse 2 Lanjutkan Penerbangan Keliling Dunia

Jelang lepas landas, pengendali misi Solar Impulse 2 di Prancis, Monaco Mission Control Center (MCC) mengabarkan kemungkinan penerbangan akan ditangguhkan. MCC mengabarkan kepada tim di Hawaii, angin terlalu kuat untuk lepas landas pesawat tersebut. 

Pesawat akhirnya urung dikeluarkan dari hanggar. Namun beberapa saat kemudian, angin kuat hilang dan kemudian para kru mengeluarkan pesawat tanpa bahan bakar itu keluar dari hanggar dan mengarahkan ke runway bandara. 

Intip Persiapan Solar Impulse 2 Terbang ke Phoenix

Menariknya, sebelum lepas landas dari bandara Kalaeloa, kedua pilot Solar Impulse 2 yaitu Bertrand Piccard dan Andre Borschberg, dan tim pesawat lainnya mendapatkan berkah dan doa dari pemimpin spiritual Hawaii, yang disebut Kahuna. 

Kahuna dalam tradisi masyarakat Hawaii merupakan figur yang dihormati. Diketahui Kahuna merupakan tokoh yang menjadi perantara dengan para dewa. Kahuna juga berperan sebagai penyembuh, dan berbincang dengan para dewa mengenai cara terbaik untuk menyembuhkan pasien.

Saat didoakan, kedua pilot dikalungi semacam bunga dan semacam manik-manik serta memegang tongkat. Kemudian kru lainnya saling bergandengan tangan melingkari pesawat dan kedua pilot tersebut. 

Dan kemudian setelah mendapat doa dan semacam ritual, akhirnya pesawat itu lepas landas dari Hawaii dan menuju California. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya