10 Fakta Charles Darwin yang Jarang Terungkap

Charles Darwin
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Tokoh naturalis Charles Darwin dikenal dalam teori evolusi. Dalam teori itu, Darwin berpendapat nenek moyang manusia adalah monyet. Pada 19 April lalu, diperingati sebagai 134 tahun kematiannya. Darwin diketahui meninggal pada 19 April 1882. Setiap 19 April juga diperingati Darwin Day, sebagai cara mengenang jasa Darwin di bidang ilmu pengetahuan.

Kontroversi Agama dan Sains, Ini 5 Fakta Menarik Charles Darwin

Darwin yang berkebangsaan Inggris ini ternyata harus menunggu 20 tahun untuk melahirkan pemikirannya tentang teori evolusi. Menurutnya, evolusi manusia itu berasal dari nenek moyang yang sama.

Berikut 10 fakta tentang Darwin yang belum banyak diketahui, dikutip dari India Today, Senin, 25 April 2016:

Menyingkap Tabir 'Misteri Mengerikan' yang Menghantui Charles Darwin

1. Charles Robert Darwin, merupakan naturalis Inggris dan ahli geologi terkenal karena kontribusinya melalui teori evolusi.

2. Darwin seorang mahasiswa Universitas Edinburgh, Skotlandia dan berhasil meraih gelar doktor. Namun ia tak kuat melihat darah, sampai-sampai bisa jatuh pingsan ketika darah menguncur.

Kisah Ilmuwan Muslim Penggagas Teori Evolusi 1000 Tahun Sebelum Darwin

3. Darwin menyakini semua spesies yang hidup adalah turun-temurun dari nenek moyang yang sama.

4. Darwin menerbitkan teori evolusi melalui bukunya pada 1859 yang berjudul "The Origin of Species". Buku itu sebagai penanda, kalau ia menentang konsep ilmiah awal. Pemikiran Darwin berseberangan dengan teori penciptaan menurut kepercayaan agama.

5. Sebanyak 1.250 eksemplar buku Darwin "The Origin of Species” dicetak ulang dan berhasil dijual masing-masingnya 15 shilling (mata uang zaman dulu). Sekarang nilainya bisa mencapai US$23 ribu atau Rp304 juta.

6. Dalam mengungkap tentang geografis dari satwa liar dan fosil, kumpulan dari teka-teki tersebut Darwin memulai investigasinya sejak 1838. Itu cara Darwin dalam menciptakan teori tentang seleksi alam.

7. Darwin merupakan salah satu tokoh yang paling berpengaruh dalam sejarah umat manusia. Begitu juga saat menghembuskan nafas terakhirnya, Darwin diberi kehormatan untuk dimakamkan di Westminster Abbey, sebuah gereja untuk penobatan raja dan ratu juga dan tempat istirahat terakhir kelas bangsawan.

8. Tak hanya soal evolusi saja. Darwin juga dalam buku terakhirnya meneliti mengenai cacing tanah beserta efeknya pada tanah.

9. Darwin pernah mengamati monyet Amerika setelah hewan itu mabuk minuman keras.

10. Ia tidak pernah mencetuskan kalimat "survival of the fittest" atau yang kuat yang akan menang, seperti halnya dalam konsep seleksi alam. Pemikiran tersebut merupakan buah karya dari Herbert Spencer.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya