Terungkap Penyebab Hujan Deras Landa Indonesia

Hujan deras di Jakarta
Sumber :
  • Bimo Wiwoho

VIVA.co.id – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mengungkapkan penyebab hujan deras sejak sore hari dan merata di beberapa wilayah Indonesia yang terjadi beberapa hari terakhir ini. Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC) BPPT menjelaskan fenomena itu muncul karena terjadinya pola angin yang mendukung terbentuknya awan-awan hujan di beberapa wilayah Indonesia.

Hujan Deras, 10 RT dan 1 Ruas Jalan di Jakarta Barat Banjir

Kepala BBTMC, Tri Handoko Seto mengatakan dalam skala tahunan atau musiman, saat ini sebagian besar wilayah Indonesia memasuki masa transisi dari musim penghujan menuju musim kemarau.

 "Pada masa transisi, sangat dimungkinkan terjadi hujan deras berhari-hari tetapi tidak kontinyu. Melainkan stop and go," ujar Handoko melalui siaran pers yang diterima VIVA.co.id melalui pesan singkat, Kamis 22 April 2016.

Ratusan Rumah di Pondok Pinang Terendam Banjir 1 Meter Lebih

Pola angin yang terjadi saat ini, kata Handoko, terjadi karena bertemunya angin yang membawa massa udara dari belahan Bumi utara di sebelah timur laut Indonesia dengan angin dari Australia.

"Selain adanya tekanan tinggi yang mendorong massa udara dari timur laut Indonesia memasuki wilayah Indonesia, tekanan tinggi di Australia yang tidak terlalu kuat mengakibatkan kedua angin tersebut bertemu di sekitar Jawa Barat, Jakarta, dan Sumatera Selatan," ungkapnya.

Hujan Deras Sabtu Dini Hari di Ibu Kota Buat Jalan Tol Banjir

Pertemuan angin tersebut, ujar Handoko, juga menghambat massa udara di sekitar Kalimantan bagian selatan sehingga di wilayah tersebut juga tumbuh banyak awan hujan.

Berdasarkan analisis Handoko, untuk Jabodetabek diperkirakan hari ini tidak terjadi lagi hujan sederas kemarin sore hingga pagi hari tadi.

"Namun masih berpeluang terjadi hujan cukup deras yang diprediksi mencapai sekitar 150 mm dalam seminggu ke depan," ujar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya