Cara Lintasarta Lahirkan Startup Lokal

LIntasarta kerja sama co working space untuk startup dengan ITB
Sumber :
  • Lintasarta

VIVA.co.id – Saat ini, teknologi digital semakin lekat dengan aktivitas masyarakat. Hampir setiap bidang kehidupan sudah disentuhnya, mulai dari transportasi, pariwisata, keuangan sampai perbankan (teknologi finansial).

Tingkatkan Kompetensi SDM, Lintasarta Bersama Pemdaprov Jabar Luncurkan Jabar Digital Academy

Pada gilirannya, perkembangan teknologi digital memberikan kesempatan bagi talenta anak muda untuk membangun perusahaan rintisan (startup) secara mandiri. Perkembangan startup di Indonesia dapat dikatakan cukup menggembirakan. Setiap tahun bahkan setiap bulan banyak pemilik startup baru bermunculan.

Di sisi lain perkembangan ekosistem e-commerce dan penetrasi pengguna smartphone di Indonesia menjadi peluang bagi pelaku startup.

Lintasarta, Perusahaan Asal Indonesia Raih Penghargaan Teknologi Al Tingkat Asia

Maka untuk mengakomodasi munculnya para pelaku startup tersebut, PT Aplikanusa Lintasarta (Lintasarta), perusahaan layanan IT berbagai sektor industri, bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan Inovasi Kewirausahaan Institut Teknologi Bandung (LPiK ITB) membangun Co-Working Space di area Innovation Park ITB.

Co-Working Space tersebut dilengkapi dengan fasilitas high-speed internet, layanan komputasi awan (cloud service), managed service serta para ahli yang akan memberikan masukan kepada para tenant startup.

Indosat 'Blusukan' ke Daerah

“Kerja sama dengan LPiK ITB juga bertujuan mendukung program pemerintah khususnya Kementerian Komunikasi dan Informatika yang sedang gencar mendorong agar lembaga pendidikan mampu menghasilkan wirausahawan yang mampu memanfaatkan ekonomi digital dalam mengembangkan usahanya,” Presiden Direktur Lintasarta, Arya Damar dalam keterangan tertulisnya, Kamis 21 April 2016.

Keberadaan co-working space tersebut juga dirangkai dengan penyelenggaraan Lintasarta Appcelerate, ajang merencanakan bisnis inovasi produk atau aplikasi digital, untuk mendukung lintas sektor industri.

Lintasarta Appcelerate, yang dimulai sejak 18 April 2016 akan dilanjutkan dengan rangkaian kegiatan meliputi pengumpulan proposal peserta, seleksi proposal dan presentasi di depan juri dari LPik ITB dan Lintasarta. Pemenang akan diumumkan pada Agustus 2016.

Peserta kompetisi Lintasarta Appcelerate yaitu kelompok yang beranggotakan 3 sampai 5 orang dari ITB dari berbagai tingkatan, SI sampai S3 dan alumni ITB.

Nantinya, 10 kelompok dengan proposal terbaik akan masuk dalam inkubasi selama 4 bulan, mulai Mei sampai Agustus 2016. Mereka akan mendapat pendampingan dari para ahli yang memiliki keahlian di bidang aplikasi mobile, bisnis dan startup, serta dana sebesar Rp 30 juta untuk setiap tim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya