Mahasiswa Teliti Ekstrak Jambu Biji untuk Angkat Komedo

Krim mengkudu untuk angkat komedo
Sumber :
  • Mitra Angelia/Viva.co.id

VIVA.co.id – Masalah yang tak pernah habis bagi orang yang memiliki tipe kulit wajah berpori besar adalah komedo. Seorang mahasiswa mengaku sedang melakukan penelitian manfaat jambu biji untuk mengangkat komedo.

Nadiem: Tanoto Foundation dan Putera Sampoerna Tak Dibiayai APBN

Komedo atau blackheads merupakan penyumbatan pori-pori kulit oleh minyak di wajah, atau disebut dengan sebum. Sebum menyumbat dikarenakan adanya proses oksidasi. Demi menghilangkannya, orang banyak mengambil langkah yang salah sehingga menyebabkan kulit luka dan iritasi.
 
Demi cara yang aman, efektif dan sehat, untuk menghilangkan komedo, seorang mahasiswa jurusan Sains dan Teknologi Farmasi Institut Teknologi Bandung (ITB), Febi Damayanti, membuat krim gel yang ampuh mengangkat dan memperkecil pori-pori.
 
Febi membuat krim gel pembersih komedo ini dengan menggunakan bahan alami, yakni daun jambu biji. Krim tersebut diberi nama Goyava.
 
“Daun jambu biji memiliki kandungan tanin, memiliki kandungan antioksidan tinggi sehingga berpotensi dikembangkan sebagai bahan dasar masker antikomedo,” ujar Febi kepada VIVA.co.id saat ditemui di Hotel Pullman, Jakarta, Rabu, 20 April 2016.
 
Proses pembuatannya, Febi mengungkap, simpel saja. Hanya dengan menyampurkan daun biji yang sudah dalam bentuk ekstrak halus. Kemudian ektrak yang halus itu ditambahkan dengan bahan pembuat gel (gelling agent).
 
"Kandungan gelling agent dalam masker akan menempel pada permukaan komedo sehingga saat masker mengering dan dikelupaskan, komedo ditarik oleh masker,” ucapnya.
 
Febi menambahkan, krim gel berupa masker yang ia buat tersebut dijamin tidak membuat iritasi kulit. Ia juga menambahkan pelembap sekaligus antioksidan. Juga tidak mengandung bahan kimia obat (BKO),” ujar dia.
 
Selama riset, Febi menyebut, ia menghabiskan dana yang tidak terlalu banyak, hanya sekitar tiga hingga empat juta rupiah.

Tanoto Foundation dan Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI)

Dosen dan Peneliti Siap-siap Mendapat Sumbangan Penelitian

 Penelitian menjadi salah satu penopang ekonomi dan daya saing bangsa.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2023