Alibaba Akuisisi Lazada, E-Commerce Lokal Jangan Takut

Alibaba.
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Chief Executif Officer OLX, Daniel Tumiwa, menyampaikan kehadiran Alibaba di Indonesia setelah Lazada diakuisisi oleh e-commerce raksasa asal negeri Tirai Bambu itu, seharusnya tidak perlu ditakuti atau dianggap mengancaman oleh e-commerce lokal.

Integrasi Tiktok Shop dan Tokopedia, DPR: Harus Bantu UMKM Adaptasi dengan Teknologi

"Yang jelas, kita yang tahu, kita lebih bisa memanfaatkan (pasar). Sebab e-commerce lokal tahu pelosok-pelosok Indonesia," kata Daniel saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Kamis 14 April 2016.

Selain itu, kata Daniel, retail yang ada di Indonesia masih sangat besar. OLX saja belum menguasai lima persen dari total retail di Indonesia. "Sekarang retail online masih 95 persen yang belum dikuasai," ungkapnya.

Sambut Mudik Lebaran, Perusahaan Ban Ini Rambah Dunia eCommerce

Untuk itu, Daniel memberi apresiasi kepada Lazada yang hampir semua sahamnya dibayar oleh Alibaba. Malah, akuisisi itu menjadikan inspirasi bagi e-commerce lokal untuk terus mengepakkan sayap bisnisnya.

"OLX mengucapkan selamat, sukses selalu dan memberi inspirasi," kata Daniel.

Shopee Luncurkan Program Baru, Garansi Tepat Waktu

Seperti diketahui, Alibaba baru saja membeli saham Lazada sebesar US$ 1 miliar, atau setara dengan Rp 13 triliun. Artinya peluang besar bagi Alibaba untuk merambah pasar di Asia Tenggara.

Dalam pengumumannya, kesepakatan akuisisi itu meliputi Alibaba menjadi pemegang saham mayoritas Lazada dengan membeli sekitar US$500 juta saham Lazada yang baru dikeluarkan. Selain itu, raksasa online asal China tersebut akan membeli beberapa saham dari pemegang saham Lazada yang sudah ada saat ini.

Kebakaran besar terjadi melanda sebuah gudang penyimpanan paket di Jalan Pesing Poglar, Kedaung Kali Angke, Cengkareng, Jakarta Barat (Jakbar), Kamis 21 Maret 2024 malam.

Gudang Penyimpanan Paket di Cengkareng Kebakaran, Lazada Klaim Pengiriman Tak Terganggu

Gudang Penyimpanan Paketnya di Cengkareng Kebakaran, Lazada Klaim Pengiriman Gak Terganggu

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024