Mobil Buatan ITS Juara Asia Pasifik

Mahasiswa ITS juarai turnamen mobil buatan se Asia Pasifik
Sumber :
  • VIVA.co.id/Januar Adi Sagita

VIVA.co.id - Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional. Mobil Spektronics X Reborn menjadi juara dalam turnamen 11th Chem-E-Car Competition di Universiti Teknologi Malaysia, Sabtu, 9 April 2016.

Mobil tersebut berhasil menyabet juara dalam kategori Best Poster. Salah seorang anggota tim yang dikirim ITS, Argeomenta Lisya mengatakan, Spektronics X Reborn merupakan purwarupa mobil yang menggunakan energi yang berasal dari reaksi kimia.

Menurut Lisya, jika dibandingkan dengan mobil yang dibuat oleh tim dari negara lain, mobilnya memiliki sejumlah keunggulan. Salah satunya terkait dengan kelengkapan poster.

Lisya menilai, poster yang dibuat oleh timnya jauh lebih lengkap daripada poster tim lainnya. “Poster yang kami buat ada deskripsi mobilnya, cara menjalankan mobil, strategi menyelesaikan challenge serta sumber energi dari mobil itu sendiri,” ucap mahasiswa Teknik Industri ITS tersebut.

Tidak hanya itu, Lisya menyertakan informasi mengenai ketentuan keamanan atau safety, desain model, serta biaya yang dibutuhkan untuk setiap jarak yang ditempuhnya. Setiap meter yang ditempuh oleh mobil tersebut diperlukan biaya sebesar Rp20.

Selain dinilai berdasarkan kelengkapan informasi yang dimuat, Spektronics X Reborn juga berhasil melewati sejumlah tantangan yang diberikan dengan mulus. Di antaranya memasukkan bola golf ke dalam gawang dengan menggunakan papan pantul, serta menjatuhkan pin bowling mini menggunakan bola golf.

Untuk mengikuti turnamen itu, Lisya mengaku membutuhkan waktu sekitar tiga bulan guna melakukan persiapan. “Berbagai persiapan yang kami lakukan di antaranya membuat desain chem-e-car sesuai dengan challenge yang akan dihadapi, mengumpulkan semua variabel yang memengaruhi performa chem-e-car, dan melakukan optimasi pada semua variabel dengan serangkaian riset yang dilakukan,” paparnya.

Pertama Kali, RI Raih Juara Umum Kontes Robot di AS
 Tim Robotik Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang telah berlaga dalam kompetisi di Amerika Serikat (2-3/04/2016).

Juara Dunia, Robotik Indonesia Sempat Minder dengan China

Tim Indonesia andalkan keaslian dan fungsi robot.

img_title
VIVA.co.id
8 April 2016