Paten Mesin Terbang Berusia 100 Tahun Ditemukan di Gua

Wright bersaudara
Sumber :

VIVA.co.id – Sebuah dokumen atas paten mesin terbang, yang berusia hampir satu abad, ditemukan di sebuah gua di Kansas. Paten itu adalah milik Wright bersaudara yang membuktikan temuan mesin terbang dan disebut sebagai paten paling hebat sepanjang sejarah.

Bahlil Bocorkan Isi Pembicaraan Jokowi dan Tony Blair: Energi Baru hingga IKN

Paten tersebut sejatinya telah disimpan dalam arsip nasional, setelah dipinjamkan oleh Museum Smithsonian untuk kepentingan pameran. Dokumen itu terlihat terakhir kali pada 1980. Namun, pihak arsip di Amerika baru menyadari pada tahun 2000 jika file itu hilang.

Arkeolog pun menemukan file itu pada 22 Maret, di sebuah gua batu kapur yang terletak di luar kota Kansas. Arsip Nasional menyimpan paten itu bersama dokumen bersejarah lainnya di sebuah ruang dengan rak setinggi 15 kaki. Pihak Arsip Nasional meyakini jika dokumen itu salah taruh, sehingga tidak ada satu pun orang yang menemukannya.

Menko Luhut Siap Beri Insentif ke Apple Agar Mau Berinvestasi di RI

"Miliaran kertas yang kami arsipkan. Jika seseorang tidak meletakkannya di tempat yang semestinya, pasti akan hilang. Dalam kasus ini kami tidak tahu apa-apa karena itu bukanlah dokumen yang layak untuk dicuri," ujar William J. Bosanko, kepala operasional Arsip Nasional di Amerika, seperti dikutip dari Fox News, Senin 4 April 2016.

Diakui, Arsip Nasional di negara itu memang telah kehilangan banyak dokumen sejarah. Mulai dari dokumen peta bom perang dunia ke-2 sampai telegram Abraham Lincoln. Dokumen paling penting yang hilang adalah paten nomor 821,393 untuk mesin terbang yang ditemukan Wright Bersaudara. Paten itu dikeluarkan pada 1906.

Tas Istri Daniel Mananta Dicopet di Mall, Dompet dan HP Raib
Gunung Ruang di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, terpantau diselimuti awan kabut dari atas KM Bimasena yang digunakan oleh Tim Kantor SAR Manado mengevakuasi warga setempat, Rabu, 18 April 2024.

Badan Geologi: Potensi Tsunami Akibat Gunung Ruang Bisa Setinggi 25 Meter

PVMBG menyebutkan selama kurun waktu 24 jam terakhir sudah terjadi lima kali erupsi dengan ketinggian 1.800 meter hingga 3.000 meter dari puncak Gunung Ruang.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024