Notebook Game Asus Makin Gahar, Pakai Water Cooling

Peluncuran ROG GX700
Sumber :
  • Mitra Angelia/Viva.co.id

VIVA.co.id – Demi memuaskan para pecinta game di Tanah Air, Asus meluncurkan notebook seri ROG GX700 yang dilengkapi dengan sistem pendingin cair. Selain itu spesifikasinya juga sudah dibekali dengan prosesor Intel Core i7.

Harga Laptop Ini Setara Mobil Loh, Kamu Berminat?

"Ini water cooling pertama di dunia," ujar Country Group Leader Asus Indonesia, Juliana Cen, saat peluncuran notebook terbaru Asus di Jakarta, Kamis, 31 Maret 2016.

Juliana menyebut, teknologi pendingin cair yang mereka usung ini dinamakan dengan liquid cooling system. Water cooling itu dipasang di bagian belakang notebook. Komponennya terdiri dari tangki penampung air, pompa, kipas, selang, dan radiator untuk mendinginkan cairan yang dialirkan melalui selang.

Anti Ghosting, Fitur Penyelamat Para Gamers

"Pada ROG GX700 terdapat dua tangki air yang dapat menampung air berkapasitas 67 liter. Ketika air tersebut akan habis, sensor akan menginformasikan kepada pengguna untuk mengisi ulang airnya," tutur Juliana.

Water cooling bekerja dengan cara mengalirkan cairan yang berasal dari tangki melalui tabung selang yang didorong pompa menuju ke dalam perangkat, untuk mendinginkan sistem yang sedang bekerja. Setelah itu cairan panas yang telah mendinginkan sistem dialirkan lagi keluar sistem dan kembali menuju docking untuk mendinginkan temperatur dengan radiator.

Soal Laptop Game Murah, Acer: Sangat Memungkinkan

Panas akan dibuang keluar melalui lubang ventilasi pada radiator. Cara menggunakan water cooling ini pun mudah, hanya dengan mengaitkan konektor yang ada di docking ke notebook.

ROG GX700 yang memiliki bentangan layar 17,3 inci ini punya kemampuan memori DDR4 sebesar 64 GB yang didongkrak dengan kecepatan 2800 MHz. Serta kemampuan GPU disokong pengolah grafis Nvidia dengan video memori GDDR 5 sebesar 8GB dilengkapi fitur G-Sync. Pada notebook Asus ROG GX700 ini disematkan 4 buah speaker.

Juliana mengatakan ROG GX700 dibanderol dengan harga Rp80 juta dengan limit yang terbatas. "Pre-order nanti 14 April ya, barang dikirim kira-kira tiga sampai empat minggu (setelah pemesanan)," katanya.

Selain nootbook gaming seri ROG GX700, bersamaan dengan itu, Asus juga meluncurkan seri lainnya, yakni ROG GL502, ROG G752, ROG GL552, ROG G501VW, dan ROG GL752 dengan varian harga Rp13-50 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya