Qualcomm Siapkan Snapdragon 820 untuk Asia Tenggara

Qualcomm memperkenalkan prosesor terbarunya
Sumber :
  • Agus Tri Haryanto/Viva.co.id

VIVA.co.id – Usai memperkenalkan Snapdragon 820 di Beijing, Tiongkok beberapa waktu lalu, kini Qualcomm merambah ke Singapura. Negara ini dijadikan tempat untuk mengenalkan chipset terbarunya di Asia Tenggara.

Qualcomm Mantap ke Pasar IoT dengan Snapdragon Wear 1100

Vice President Qualcomm Technologies, sekaligus Presiden Bisnis Qualcomm di Asia Pasifik dan India, James Cathey, mengatakan, Asia Tenggara merupakan kawasan potensial untuk mengembangkan bisnisnya, terutama soal potensi signifikan perangkat 4G di wilayah tersebut.

"Di Asia Tenggara memiliki total populasi mencapai 590 juta jiwa, sekitar 60 persen usianya di bawah 35 tahun. Diperkirakan penetrasi (perangkat) 4G akan tumbuh mencapai 31 persen pada 2019," ujar Cathey di Grand Hyatt, Orchard, Singapura, Kamis, 31 Maret 2016.

TKDN Masih Abu-abu, Korbannya Tak Hanya Ponsel Pintar

Snapdragon 820 dirancang Qualcomm untuk memberikan pengalaman teknologi yang memanjakan pengguna gawai. Beberapa kelebihan di antaranya, komputasi grafis 40 persen lebih optimal dengan Andreno 530 atau efisiensi daya perangkat sampai 40 persen melalui Quick Charge 3.0. Quick Charge ini memungkinkan pengisian daya dari 0-80 persen hanya butuh 35 menit.

Diklaim pihak Qualcomm, otak Snapdragon 820 pada ponsel pintar akan membuat penggunanya merasa dilindungi. Beberapa fitur keamanan di antaranya Safewatch, yang bisa memproteksi data pengguna dari jarak jauh ketika ponselnya dicuri.

Qualcomm Snapdragon 820 Siap Dipakai Otomotif dan Kesehatan

Tak hanya dari sisi software, pencurinya juga takkan bisa menggunakan smartphone karena proteksi dilakukan dari sisi hardware.

Ada juga Smart Protect yang melindungi pengguna dari serangan malware, baik yang berasal dari hasil browsing ataupun terkoneksi dengan perangkat lainnya.

Soal kecepatan internet, disebutkan pihak Qualcomm, smartphone yang sudah disematkan chipset generasi terbaru Qualcomm itu dapat merasakan koneksi Long Term Evolution (LTE) hingga 600 Mbps melalui X12-nya.

"X12, atau setara dengan Cat12 ini, kecepatannya (download) hingga 600 Mbps karena menggunakan teknologi carrier aggregation, dari tiga spektrum tersedia, yakni 900 MHz, 1800 MHz, dan 2100 MHz," ungkap Country Director Qualcomm Indonesia, Shannedy Ong, ditemui VIVA.co.id di lokasi peluncuran.

Pada debut Snapdragon 820 di Asia Tenggara, Qualcomm juga memajang beberapa smartphone teranyar yang sudah ditanam chipset dari Qualcomm, yakni seperti LG G5, Emdoor QL-8080, Cube T2, Borqs Polaris Tablet, Bkav Bphone, Asus Zenfone Max, Letv Le Max Pro, Asus Zenfone Selfie, Lenovo K5, HTC A9, Samsung S7, Polytron Zap 6 Cleo, Oppo F1, dan Lenovo Vibe X3.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya