Cryptotora Thamicola, Ikan Gua yang Dapat Berjalan

Ikan gua dengan nama Cryptotora Thamicola
Sumber :
  • Aqua Cf1

VIVA.co.id – Ditemukan ikan gua yang memungkinkan dapat berjalan di atas air dan memanjat air terjun. Ikan tersebut memiliki nama latin, Cryptotora Thamicola.

Ikan Pari Jawa Punah, Tragedi Lingkungan Akibat Ulah Manusia

Penemuan Cyrptotora Thamicola bukan pertama kali. Beberapa tahun yang lalu sebenarnya sudah ditemukan namun kali ini para ilmuwan berhasil mengungkap kelebihan yang dimiliki ikan gua tersebut yang bisa berjalan di atas air dan memanjat air terjun.

Dikutip dari Washington Post, Jumat, 25 Maret 2016, keahlian Criptotora Thamicola itu berhasil diungkap oleh ilmuwan dari New Jersey Institute of Technology. Disampaikan Brooke E. Flammang, penulis studi dari New Jersey Institute of Technology, ikan tersebut memiliki unsur morfologi yang sebelumnya hanya dikaitkan dengan tetrapoda atau hewan berkaki empat dan amfibi.

130 Tahun Dinyatakan Punah, Hewan Bertaring Ini Muncul Kembali

"Panggul dan tulang belakang ikan ini memungkinkan untuk mendukung berat badan dan melawan gravitasi sehingga menyediakan kekuatan yang mengaliri otot dan membuatnya dapat berjalan," ungkap Flammang.

Pada mulanya, laporan ilmiah yang diterbitkan oleh Flammang ini bermula ketika Daphne Soares berhasil merekam ikan merah muda itu bergerak meliuk di air gua. Criptotora Thamicola itu pun menggunakan sirip dan ototnya untuk merangkak di dinding yang penuh dengan air.

Viral Kadal Bertubuh Ular Ditemukan, Menguak Rahasia Ini

"Awalnya saya ragu ikan bisa melakukan seperti itu (berjalan dan merangkak). Itu konyol," imbuh Flammang.

Rasa penasaran Flammang terhadap ikan itu semakin kuat. Terlebih lagi Criptotora Thamicola tidak memiliki penglihatan alias buta, seperti ikan pada umumnya yang mempunyai mata. Ilmuwan menduga, kalau ikan tersebut merupakan 'sisa' dari hewan nenek moyang yang disinyalir hidup dari laut ke darat.

"Dari perspektif evolusi, ini merupakan temuan besar. Ini adalah salah satu ikan pertama dengan spesies yang masih hidup dari evolusi terhadap lingkungan di sekitarnya," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya