Rabu, Indonesia Kebagian Gerhana Bulan Penumbra

Ilustrasi macam-macam gerhana bulan
Sumber :
  • ANTARA/Paramayuda

VIVA.co.id - Indonesia akan kebagian fenomena gerhana bulan penumbra. Fenomena alam yang terjadi pada 23 Maret nanti ini dapat terlihat di beberapa kawasan negara seperti Amerikat Utara, Asia, dan Samudera Pasifik.

Adanya gerhana bulan penumbra ini menjadi pelengkap perisitiwa alam yang terjadi di bulan Maret 2016. Sebelumnya, 9 Maret lalu, telah terjadi gerhana matahari total yang terjadi dari Indonesia bagian barat hingga melintas ke bagian timur.

Gerhana bulan penumbra ini merupakan yang pertama terjadi di tahun 2016. Gerhana bulan penumbra adalah fenomena alam ketika bulan yang mengorbit Bumi melintas di wilayah gelap, tepatnya di wilayah bayangan kabur atau disebut dengan penumbra.

Berbeda dengan gerhana matahari, gerhana bulan penumbra biasanya sulit terdeteksi, kecuali jika 70 persen dari diameter bulan ada dalam bayangan. Rabu nanti, gerhana bulan penumbra ini akan bisa terlihat namun terjadi hanya berselang beberapa menit saja.

Diberitakan Space, Senin 21 Maret 2016, orang yang tinggal di bagian barat dan tengah di Amerika Utara akan berada dalam posisi terbaik dalam mengamati gerhana bulan penumbra. Sementara orang-orang yang ada di timur, seperti kawasan Asia akan kesulitan. Sebabnya, puncak gerhana bulan akan terjadi saat bulan terbenam dan matahari mulai tampak di atas cakrawala.

Meski demikian, orang-orang di Asia Tengah dan Timur akan menjadi yang pertama dalam menyaksikan gerhana bulan penumbra. Disebutkan Space, seluruh gerhana bulan akan terlihat dari Samudera Pasifik, Amerika Utara bagian barat, Austalia, Selandia Baru, Jepang.

Bahkan, berdasarkan peta lintasan yang akan digelapi oleh Bulan ini juga memungkinkan terlihat di Indonesia. Berbeda dengan Eropa dan Afrika, dimana gerhana bulan penumbra tidak akan 'menyapanya'.

Penjelasan Ilmiah atas Misteri Danau 'Merah Darah' di Iran
Fenomena Supermoon 2015 di Berbagai Belahan Dunia

Supermoon Langka Muncul 15 November Dini Hari

Akan muncul lagi 2034 nanti.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016