NASA Kirim Kakek ke Luar Angkasa Selama 534 Hari

Astronot Scott Kelly saat mendarat di kota tempat tinggalnya, Houston, Amerika Serikat.
Sumber :
  • Twitter/@StationCDRKelly

VIVA.co.id - Usai memberikan misi setahun di luar angkasa kepada astronaut Scott Kelly, Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) “ketagihan” untuk mengirimkan manusia berlama-lama di antariksa. Kali ini, NASA mengutus kakek berumur 58 tahun ke ruang hampa.

Pria tersebut bernama Jeff Williams yang usianya lebih tua daripada Kelly (52 tahun). Williams telah mengudara ke antariksa menggunakan roket Soyuz dari Kazakhstan akhir pekan lalu bersama kosmonot Rusia, Oleg Skripocha dan Alexey Ovchinin.

Ketiga penjelajah luar angkasa tersebut akan menjalankan misi masing-masing di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Khusus bagi Williams, ia akan bertahan hidup dengan kondisi nol gravitasi selama 534 hari ke depan. Sebelumnya, Kelly telah menghabiskan total waktunya di ISS selama 520 hari.

Disampaikan NASA, Williams akan menjadi warga Amerika Serikat pertama yang melakukan tiga penerbangan ke antariksa. Williams akan menjalankan misi satu setengah tahun lebih di ISS.

"Williams akan menambah deretan orang Amerika yang menghabiskan harinya di antariksa," ujar NASA, seperti diberitakan Daily Mail, Senin, 21 Maret 2016.

NASA menyebutkan, Kelly menghabiskan setahunnya di ruang hampa agar bisa mempelajari kondisi manusia saat berlama-lama di antariksa. Jika dinilai berhasil, akan memungkinkan NASA untuk dapat mengirimkan manusia ke Mars di masa mendatang.

2017, Moon Express Buka Perjalanan Wisata ke Bulan

Sementara itu, untuk Williams, NASA hanya membeberkan jika tugasnya di ruang hampa sekadar mendokumentasikan sejarah ISS selama mengorbit Bumi.

"Saya sudah menghitung dan berpikir. Di ISS dengan 45 orang berbeda-beda setiap tahunnya, ini akan menjadi daftar tambahan dalam catatan karier saya. Pengalaman hidup saya bisa dibagi," ungkap Williams.

Diketahui, Williams merupakan lulusan sekolah tinggi di Wisconsin dan pernah menjadi pilot Angkatan Laut AS. Pada 2009-2010, Williams menjabat sebagai insinyur penerbangan selama tiga bulan. Kemudian, sampailah ia menjadi yang terpilih untuk menjalankan misi setengah tahun hidup di ISS.

"Ini kehormatan besar untuk menjadi bagian dari misi antariksa. Saya merasa siap ke ISS," kata dia sebelum meluncur ke ISS.

Meski diprediksi melewati rekor yang dipegang oleh Kelly, tapi rekor astronaut terlama untuk keseluruhan masih dipegang kosmonot Rusia, Genny Padalka, yang menjalankan total misi antariksanya mencapai 879 hari.

Tiga astronot yang ikut demam Piala Dunia 2014

Demam Olimpiade Landa Astronot di Stasiun Antariksa

Olimpiade Rio mulai dibuka pada 5 Agustus 2016.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016