Amazon Ingin Patenkan Pembayaran Pakai Selfie

Foto selfie.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Perusahaan e-commerce, Amazon kini sedang mempersiapkan cara baru dalam pembayaran yang mudah, yaitu dengan swafoto atau dikenal dengan selfie.

Kalkulator Ini Dipaksa Pakai Windows 10, Begini Jadinya

Perusahaan berbasis di Seattle, Amerika Serikat tersebut belum lama ini mengajukan paten untuk proses pembayaran cukup mengambil foto atau video, tak perlu lagi mengetikkan password tertentu.

Dikutip dari Recode, Rabu 16 Maret 2016, cara pembayaran melalui selfie yang digambarkan dalam paten tersebut dianggap lebih aman dibandingkan dengan risiko pembayaran password.

Pendiri Android Pamer Ponsel Baru, Jangan Kaget Antimainstream Banget

"Memasukkan password membuat pengguna untuk menjauh dari teman atau rekan kerja saat memasukkan password. Dalam beberapa situasi, ini bisa menjadi canggung dan memalukan," tulis deksripsi paten tersebut.

Laman Recode menyebutkan cara baru pembayaran yang disiapkan Amazon itu bisa menjadi solusi agar pengguna lebih nyaman untuk menyelesaikan transaksi.

Hilang 22 Tahun Lalu, Jenazah Pria Ditemukan Google Maps

Disebutkan, umumnya pengguna secara halus bisa menyimpan kode password mereka dalam ponsel atau perangkat pribadi mereka. Namun tetap saja, kadang pengguna harus mengecek password mereka saat akan menyelesaikan transaksi. Masalahnya adalah, jika perangkat itu berpindah tangan, maka risiko peretasan atau pencurian password atau hal buruk lainnya bisa terjadi.

Skenario dalam paten menunjukkan, cara pembayaran dengan selfie ini bisa berjalan dalam platform perangkat ponsel atau komputer.

"Ponsel atau komputer bisa meminta pengguna untuk melakukan tindakan tertentu atau gerak tubuh seperti tersenyum, berkedip, atau memiringkan kepalanya," tulis gambaran paten itu.

Skenario itu dilakukan dengan tujuan memverifikasi bahwa pengguna yang memfoto adalah benar pembeli yang sah.

Inovasi pembayaran menggunakan selfie bukan hal baru. Setahun lalu, Jack Ma, Kepala Alibaba, perusahaan e-commerce China, sudah memperkenalkan teknologi serupa. Selain itu, teknologi pembayaran berbasis foto.

Inovasi pembayaran yang baru juga sedang diujicoba Google. Perusahaan internet itu malah menguji aplikasi pembayaran bernama Hands Free.

Seperti namanya, aplikasi pembayaran ini memudahkan pengguna saat akan membayar barang yang dibelinya. Tanpa perlu mengeluarkan barang apa pun dari tas atau saku celana.

Pengguna cukup mengatakan, “Saya akan membayar dengan Google”, maka kasir akan mengonfirmasi foto pengguna dan kemudian mengakhiri transaksi. Sangat mudah, pengguna tak perlu mengeluarkan dompet, menggesek kartu kredit, sampai mengeluarkan uang tunai.

Untuk memastikan proses mudah ini bekerja, Google mengatakan sedang mengembangkan sistem kamera dalam toko (in-store camera) yang secara otomatis akan mengonfirmasi identitas pembeli dengan memotret gambar atau menjalankan mekanisme pengecekan silang (cross-check) profil Hands Free pengguna.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya