Ini Penyebab Path Error Sejak Semalam?

Path eror.
Sumber :
  • Moh Nadlir / VIVA.co.id

VIVA.co.id –  Pengguna jejaring sosial Path di Tanah Air mengeluhkan layanan platform tersebut mengalami gangguan sejak Kamis, 3 Maret 2016.

Selamat Tinggal Path

Hingga pagi ini, akun Twitter layanan Path, @PathService mengumumkan masih terdapat problem pada platform mereka.

Pada Jumat, 4 Maret 2016, @PathService meminta pengertian pengguna jejaring sosial itu. Perbaikan layanan butuh waktu lebih lama di luar yang diperkirakan. Path memperkirakan perbaikan akan berlanjut dalam 10 jam ke depan.

Masih soal Luna Maya-Reino Barack hingga Zulkifli Hasan Diperiksa KPK

"Kami sedang melakukan upaya terbaik kami untuk segera mungkin membawa Path kembali (normal). Kami mohon maaf sangat atas gangguan ini," tulis @PathService.

Sementara itu, dalam pesan broadcast yang diterima pengguna Path, terdapat informasi yang menduga gangguan pada Path akibat serangan peretas pada server pusat Path di Virginia, Amerika Serikat. Kabar peretasan itu disebutkan atas laporan dari Departemen Kejahatan Siber Biro Penyelidikan Federal AS (FBI).

Path Tutup, Begini Curhat Pendirinya

Analis siber FBI memperkirakan telah terjadi pencurian data dan gambar dari para pemilik akun Path.

Sementara itu, Path Inc belum bisa dikonfirmasi untuk hal tersebut. Tapi, mengingat perbaikan aplikasi dilakukan beberapa jam yang lalu, bisa jadi analisis yang dilakukan oleh FBI kemungkinan benar.

Saat ini, jutaan pengguna aplikasi Path mengalami gangguan penggunaan aplikasi tersebut di perangkat Android dan iPhone. Diperkirakan, Path Inc sedang melakukan perbaikan update keamanan server dan backup data.

Sementara itu, laman Cooltech.com menyarankan agar para pengguna aplikasi Path untuk melakukan log out dan reset password. Hal tersebut untuk menghindari pencurian baik data pribadi maupun foto yang sudah diunggah di aplikasi Path.

Diberitakan sebelumnya, pengguna jejaring sosial Path di Tanah Air mengeluhkan bahwa akun mereka mengalami gangguan. Pengguna tidak bisa mengakses akunnya yang dimiliki. Ketika pemilik akun melakukan log in, ada notifikasi dari Path yang menyebutkan username atau password yang digunakan sudah diganti. Padahal hal tersebut tidak dilakukan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya