Trik Aneh Ini Diyakini Bisa Temukan Alien

Ilustrasi planet luar tata surya.

VIVA.co.id - Peneliti antariksa melontarkan trik atau ide aneh dalam menemukan kehidupan asing di luar bumi atau dikenal dengan sebutan alien.

Dalam sebuah studi, peneliti menyarankan agar manusia sebaiknya mencari alien yang saat bersamaan juga berusaha mendeteksi manusia.

Peneliti: Alien Punah Akibat Perubahan Iklim Ekstrem

Dengan cara itu, maka pada suatu saat nanti proses pencarian oleh manusia dan alien akan dan memungkinkan untuk berkomunikasi antara keduanya.

Dikutip dari Christian Science Monitor, Rabu, 2 Maret 2016, peneliti mengakui ide atau trik tersebut terlihat bertentangan dengan pendekatan yang selama ini dipakai dalam pencarian alien. Tapi opsi ini dibilang akan memungkinkan untuk menemukan alien.

"Adalah tak mungkin untuk memprediksi apakah (kehidupan) luar bumi menggunakan teknik yang sama kita lakukan. Tapi mereka akan punya prinsip fisika yang sama seperti yang kita lakukan. Bumi yang transit saat mengitari matahari merupakan metode yang jelas untuk mendeteksi kita," ujar René Heller, peneliti dari Institute of Astrophysics, Gottingen, Jerman.

Diketahui, selama ini untuk mencari kehidupan asing di luar bumi, peneliti mengandalkan dengan deteksi atas planet luar bumi. Misalnya dengan menggunakan pesawat ruang angkasa milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Kepler, peneliti telah menemukan lebih dari 1.000 planet luar tata surya. Seribu planet itu ditemukan melalui pengamatan cahaya bintang yang redup saat planet mengorbit melewatinya.

Nah, peneliti menduga alien juga bisa punya cara yang sama menemukan manusia dengan prinsip pencarian tersebut.

Secara rinci, peneliti menjelaskan alien bisa memanfaatkan saat bumi sedang mengorbit matahari. Jadi, alien memanfaakan momentum saat sinar matahari redup karena bumi melewati pusat tata surya atau disebut zona transit bumi.

Peneliti mengatakan saat sinar matahari redup itu, bisa saja alien yang sedang mencari manusia menyiarkan sinyal agar nanti bisa berkomunikasi. Jika skema sinyal itu terdengar atau terdeteksi oleh manusia, maka akan terjadi jalur komunikasi.

Heller dan penulis studi lainnya, Raplh Pudritz, dalam studi menunjukkan upaya pencarian alien melalui program berbiaya US$100 juta, Breakthrough Listen Initiative, harus fokus pada zona transit tersebut.

Diketahui, program Breakthrough Listen Initiative, merupakan program yang akan dijalankan dalam satu dekade untuk mencari kehidupan luar bumi. Misi ini sudah mencoba memancing alien dengan menggunakan penerima radio teknologi tinggi dan memburu sinyal laser. (ase)

Lukisan kuno.

Lima Lukisan Kuno Ini Buktikan Adanya Alien

Mereka mengabadikan penampakan alien dengan lukisan.

3 Februari 2016