Ini Tampang Burung Purba Raksasa Usia 53 Juta Tahun

ilustrasi burung purba raksasa jenis Gastornis
Sumber :
  • www.csmonitor.com/Marlin Peterson

VIVA.co.id –  Para peneliti Chinese Academy of Sciences, China, dan University of Colorado Boulder, Amerika Serikat, baru saja mempublikasikan penemuan luar biasa mereka. Mereka menemukan fosil burung raksasa vegan, atau vegetarian, yang diperkirakan hidup sejak 53 juta tahun silam.
 
Dilansir CSMonitor, Senin 15 Februari 2016, Thomas Stidham, salah satu profesor peneliti menyebut, fosil yang ditemukan adalah tungkai kaki burung tersebut. Ahli paleontologi mengatakan, burung purba itu adalah jenis Gastornis.
 
Thomas mengatakan, tungkai Gastornis mereka temukan di Pulau Ellesmere, Kanada. Selain di Ellesmere, peneliti juga menemukan tungkai kaki Gastornis di Wyoming, AS. Kedua pulau berjarak sekitar 4.000 kilometer.
 
“Tulang kaki ini adalah satu-satunya bukti bahwa Gastornis hidup di lintang utara,” jelas Stidham.
 
Stidham mengatakan, berdasarkan bukti tulang, ilmuwan berpendapat, Gastornis memiliki tinggi enam kaki dan berat ratusan pon, dengan kepala kira-kira seukuran kepala kuda modern.
 
Namun, meski memiliki porsi tubuh raksasa, ilmuwan percaya, Gastornis tetap memakan daun, buah, dan biji-bijian.
 
“Jika Gastronis karnivora, dengan tubuh besar seperti demikian, akan menjadi prospek menakutkan (juga),” kata Stidham.
 
Selaian fosil Gastornas, para ilmuwan juga menemukan satu fosil tulang lagi, yaitu jenis Presbyornis. Stidham menyebut, fosil tulang Presbyornis ada yang berupa tulang sayap atasnya. Namun, Presbyornis ukurannya lebih kecil dari Gastornis, mungkin sebanding dengan angsa, atau bebek.
 
Pulai Ellesmere adalah salah satu tempat terdingin di bumi, dengan suhu musim dingin mencapai minus 40 derajat Fahrenheit. Para peneliti sudah mulai memburu fosil di Pulau Ellesmere sejak 1970-an. (asp)

Empat Fakta Thunderbird, Burung Raksasa Purba yang Dipercaya Masih Hidup
Ilustrasi burung purba

Peneliti Temukan Spesies Burung yang Bisa Berevolusi Dua Kali

Memiliki ukuran sebesar ayam dan datang dari Madagaskar.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2019