TNI Pamer Pesawat Tanpa Awak Karya Anak Bangsa

Pesawat Wifanusa buatan Ongen
Sumber :
  • Dok.ist

VIVA.co.id - Staf Ahli Kepala Staf TNI AD (Kasahli Kasad), Mayjen TNI Turmarhaban Rajagukguk mengatakan untuk menunjang tugas pokoknya, TNI AD membutuhkan alutsista pesawat terbang tanpa awak.TNI pun memajang salah satu pesawat tanpa awak karya anak bangsa yang diberi nama Drone OS Wifanusa di Aula AH Nasution, Mabes TNI AD, Sabtu, 13 Februari 2016.

Mengenal Si Loreng, Penjaga Daerah Perbatasan RI

"Ini adalah bagian dari modernisasi alutsista untuk mendukung tugas pokok TNI AD. Drone salah satu kebutuhan kita," kata Rajagukguk melalui keterangannya kepada VIVA.co.id.

Dari sekian drone yang dipamerkan, OS Wifanusa satu-satunya yang bisa take off dan landing di air dan landasan darat. Tentu ini cocok untuk Indonesia yang mayoritas luas wilayahnya adalah laut.

"Drone ini kan salah satu prototipe yang nantinya kita akan kaji sehingga seperti apa yang kita butuhkan baik untuk tugas operasi militer perang maupun tugas operasi militer selain perang," ujarnya seraya menyebut SDM juga akan disiapkan jika semua sudah siap.

Diketahui OS Wifanusa yang dipesan oleh Kementerian Pertahanan sebanyak tiga unit adalah drone canggih. Rencananya, dua unit untuk perbatasan dan satu unit untuk pengawasan ZEE Natuna. Kecanggihan drone ini selain dilengkapi dengan tiga kamera super canggih juga bisa take off dan landing di darat serta di air.

Kemampuan terbang drone buatan Ongen ini juga bisa mencapai 800 km dengan lama terbang (endurance) 8-10 jam dengan sistem kendali jarak jauh (autonomous system) yang tercanggih di dunia saat ini buatan Kanada. Perlu diketahui Drone Ongen ini sudah mendapat sertifikat uji litbang dari TNI AL dan Sertifkat TKDN 28,01% dari Kemenperin.

Aktor Kang Tae Oh Selesai Wajib Militer Hari Ini
 Pesawat Tanpa Awak OS-Wifanusa

Mimpi Menerbangkan Pesawat Tanpa Awak Jadi Kenyataan

Sebelumnya pesawat ini diragukan oleh komunitas pecintanya.

img_title
VIVA.co.id
31 Juli 2015