Di Lombok, Kini Bisa Pesan Makam Lewat Aplikasi

Kerja sama Xl dan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat
Sumber :
  • XL Axiata

VIVA.co.id –  PT XL Axiata Tbk (XL) dan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mulai mengimplementasi kerja sama XmartCities Lombok, dalam empat layanan digital yang baru.

Begini Cara XL Axiata Buat Pelanggan Tidak Pindah ke Lain Hati

Semua layanan cukup inovatif dan unik, itu disebutkan yang pertama di Indonesia. Keempat layanan tersebut adalah pemesanan pemakaman, pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan XL Tunai, konten video dakwah bagi para ulama lokal, dan media komunikasi bagi panti asuhan.

Gubernur NTB M. Zainul Madji bersama Direktur Digital Services XL, Ongki Kurniawan meresmikan keempat layanan digital tersebut di Mataram, Kamis 11 Feberuari 2016.

XL Axiata akan Bersih dari 3G, Hanya Ada 4G dan 5G

"XL akan berusaha membantu pengembangan kerjasama ini di masa mendatang. XL mendukung program IBP (Internet Broadband Plan) dan Smart City yang dicanangkan pemerintah, dengan memfasilitasi masyarakat Lombok dan sekitarnya untuk mendapatkan kemudahan terhadap informasi religi dan sosial, melalui solusi digital dan jaringan 4G LTE XL,” ujar Ongki dalam keterangan tertulis, Jumat 12 Februari 2016.

Pada layanan pemesanan makam, melalui website dan aplikasi yang dimaksud, masyarakat bisa menemukan fitur yang membantu dalam memilih lokasi makam berdasarkan daerah, mengetahui lokasi makam yang statusnya kosong atau sudah terisi, juga memilih dan memesan makam langsung dari aplikasi.

XL Axiata Lagi Semringah

Selanjutnya, masyarakat juga bisa mengetahui status pemesanan apakah berhasil dipesan dan sudah terbayar, serta mencari lokasi makam berdasarkan nama jenazah.

Masyarakat Lombok di lima wilayah bisa memesan lokasi pemakaman di melalui website http://xmartcitylombok.com/ atau aplikasi yang bisa diunduh di Google Play Store.

Kelima wilayah tersebut masing-masing adalah Kota Mataram meliputi daerah Karang Medain dan Bintaro, Kabupaten Lombok Barat di Demong Jempong dan Pemate, Lombok Tengah di Sengkerang dan Leneng Puah Raya, Lombok Timur di Selong dan Jero Waru, dan Lombok Utara di Nang Sebali Tanjung dan Karang Baru Pemenang.

Kyai YouTube

Selain reservasi makam, XL juga membantu para ulama Lombok dalam melakukan aktivitas dakwah melalui media digital. Melalui media dakwah online ini, para ulama akan bisa menyebarkan materi dakwah dalam format video kepada masyarakat NTB yang memang religius.

Dengan demikian, masyarakat di luar NTB juga bisa mengaksesnya dengan mudah, kapan saja dan di mana saja. Bahkan, juga bisa disimak berulang kali.

Para ulama memandang, materi dalam format video bisa menjadi sarana alternatif dakwah mengingat masyarakat juga suka menyimak pengajian secara audio visual.

Video Dakwah tersebut, kemudian akan distribusikan melalui saluran media jejaring sosial khusus video YouTube. Pemilihan saluran digital video ini tidak terlepas dari semakin memasyarakatnya saluran-saluran penyedia video digital pada masyarakat Lombok.

Ada setidaknya tujuh ulama yang akan secara rutin mengisi konten dakwah ini, yaitu TGH Muh Khairi, KH Zainuddin Sulaiman, TGH Husain Basri, TGH Safwan Hakim, KH Zainudin Sulaiman, TGH Muharror Mahfuz, dan Ustad Satriawan Lc.

Panti asuhan go online

Kerjasa sama tersebut juga meresmikan implementasi dari pembangunan website yang didedikasikan bagi kalangan panti asuhan di Lombok. Website ini akan bermanfaat untuk mempermudah proses sosialisasi kepada masyarakat luas mengenai kondisi dan kebutuhan setiap Panti Asuhan di daerah tersebut.

Website ini sekaligus akan mempermudah masyarakat untuk bisa menyalurkan donasi kepada panti-panti tersebut.

Saat ini jumlah panti asuhan yang ada di Lombok ± 1500 dan yang telah mendaftar sudah 20 panti asuhan di Lombok. XL berharap, memungkinkan kedepannya fasilitas ini dapat mengakomodir semua panti asuhan yang berada di Lombok. Berikut daftar panti asuhan yang sudah mendapatkan fasilitas website: http://lksa-muhammadiyah.com/, http://lksa-padanwpancor.com/, http://lksa-nwmataram.com/,http://lksa-darulaitamputradakwah.com/,http://lksa--thohiriyahbodak.com/,http://rppsa-putrautamamataram.com/, http://pa-ashabulhikam.com/,  http://lksa-handayani.com/,http://www.alikhlas-ampenan.com/, http://lksponpesnurulhikmahlangkolingsar, http://lksa-alhidayahampenan.com/, http://lksa-dharmabakti.com/, http://lksa-ibuaminah.com/, http://lksa-ulilalbaabnw.com/, http://lksa-harapanmataram.com/, http://lksa-annashriynwsby.com/, http://psbr-karyaputramataram.com/, http://lksa-tghmuhshadruddinnw.com/, http://lksa-panurussalamah.com/, http://lksa-nurulislam.com/.

Dalam pembangunan website ini, XL mendapatkan dukungan teknis secara penuh dari STIMIK Bumigora, Mataram. XL memang selalu menggandeng perguruan tinggi setempat dalam membangun saranan digital terkait program XmartCity dan XmartVillage di berbagai daerah.

XL Tunai untuk bayar pajak kendaraan

XL dan Pemerintah Provinsi NTB juga mulai mengimplementasikan kerja sama layanan XL Tunai untuk pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor. Kerja sama ini sudah ditandatangani pada awal Juni 2015 lalu.

Melalui program ini, XL Tunai bisa menjawab kebutuhan Pemerintah Provinsi NTB untuk meningkatkan tingkat pembayaran pajak, sekaligus mempermudah masyarakat untuk melakukan pembayaran. Ini sekaligus yang pertama di Indonesia untuk model kerjasama layanan seperti ini.

Dengan memanfaatkan XL Tunai, maka layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor akan lebih cepat dan efektif. Pada saat jatuh tempo pembayaran pajak, pelanggan dapat melakukan pembayaran melalui XL Tunai, dengan mengakses menu di *123*120#.

Setelah memasukkan nomor kendaraan, akan keluar info berapa pajak yang harus dibayar. Selanjutnya, pelanggan akan mendapat notifikasi SMS, dan dapat mencetak bukti pembayaran pajak di loket-loket yang telah disediakan oleh Dispenda.

Fasilitas inovatif ini sudah bisa dimanfaatkan masyarakat NTB. Selain itu, sudah tersedia satu loket untuk mencetak bukti pembayaran dan akan ditambahkan menjadi enam loket yang tersebar di beberapa tempat di Mataram. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya