Bahaya Sembarangan Gunakan Smartphone

Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Dalam dunia yang serba canggih seperti saat ini, penggunaan perangkat bergerak seperti smartphone kerap dimanfaatkan oleh masyarakat. Ponsel telah menjelma menjadi komputer mini, yang memungkinkan untuk dapat mengakses informasi dan berbagai jenis layanan.

Kuartal II 2016, Penjualan Ponsel Hanya Naik 1 Persen

Semakin mudah akses ke internet juga diikuti risiko tinggi yang berada di baliknya. Maka dari itu, Head of Communication Google Indonesia, Jason Tedjasukmana, memberikan sejumlah tips keamanan online di perangkat bergerak.

Pertama, soal kenapa keamanan di perangkat bergerak begitu penting. Jason menganologikannya sama seperti membiarkan pintu rumah terbuka, ketika Anda pergi keluar rumah.

Sebenarnya, 10 Hal Ini Bisa Dilakukan dari Smartphone Anda

"Pertama, yang diperlukan saat membeli telepon seluler atau perangkat baru adalah, melakukan pengaturan penguncian layar. Tergantung dengan sistem operasi telepon seluler, Anda dapat mengatur kode, guna mencegah orang lain membuka informasi pribadi Anda," kata Jason melalui keterangan tertulisnya, Selasa 9 Februari 2016.

Kedua, mengenai aplikasi yang banyak dijumpai di berbagai toko aplikasi, baik gratis maupun berbayar. Jason mengimbau pengguna untuk berpikir dua kali, sebelum mengunduh aplikasi tersebut, karena bisa saja isinya mengandung hal yang berbahaya.

Android Anda Terkena Virus? Lakukan Langkah Ini

"Yang penting, kami menganjurkan agar download aplikasi dilakukan dari sumber resmi, seperti Google Playstore di perangkat Android Anda atau di iTunes di iPhone milik Anda," ucapnya.

Tips ketiga, yakni jaringan Wi-Fi. Disampaikan Jason, berhati-hati dalam melakukan penjelajahan internet di sebuah jaringan yang Anda tidak kenal, seperti Wi-Fi terbuka di sebuah kafe.

Penyedia Wi-Fi, kata Jason, bisa saja memantau semua lalulintas di jaringannya, termasuk memantau informasi pribadi Anda, apabila koneksi tidak dienkripsi.

"Oleh karena itu, ketika menggunakan Wi-Fi umum, hindari memasukkan informasi pribadi, misalnya username dan password Anda, atau melakukan transaksi online," jelasnya.

Keempat, imbauan pengamanan terhadap anggota keluarga. Apabila memiliki putra-putri, alangkah baiknya diberikan pemahaman keamanan online, sebelum mereka menggunakan perangkat.

Terakhir, bagaimana mengetahui lokasi ponsel apabila kehilangan atau kecurian. Tips khusus untuk pengguna Android, caranya yakni mengaktifkan Android Device Manager, yang memungkinkan kita mengetahui lokasi ponsel melalui peta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya