TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

GPS Kini Dibekali Sistem Sadap

Ini jadi solusi sistem manajemen transportasi kekinian.
GPS Kini Dibekali Sistem Sadap
Perangkat GPS di kendaraan (Electronic How)

VIVA.co.id - Teknologi Global Positioning System (GPS) kini memiliki fungsi lebih. Pengguna tak hanya dimanjakan dengan fungsi pencari jalan tapi juga pelacak kendaraan yang hilang, sistem sadap percakapan, dan jaminan asuransi.

Menurut data GPS Market Forecast 2015, pengapalan perangkat GPS meningkat 15 persen sampai 2015 kemarin, menjadi lebih dari satu miliar unit. Fenomena ini pun terjadi di Indonesia. Namun tidak diprediksi tahun ini penjualan perangkat GPS akan mulai menurun seiring dengan mulai terintegrasinya teknologi tersebut di smartphone.

Oleh karena itu, membenamkan multifungsi dalam perangkat GPS menjadi hal yang wajib dilakukan agar perangkat GPS bisa terus bertahan dan dibutuhkan banyak pengguna. Beberapa di antaranya adalah membenamkan fungsi pelacak jejak kendaraan, sistem sadap percakapan, dan asuransi.

"Kehilangan unit kendaraan akibat pencurian selalu menjadi momok menakutkan bagi setiap pemilik kendaraan, apalagi jika kendaraan yang dimilikinya berharga sangat mahal. Namun, seiring dengan kemajuan tekhnologi yang ada, dengan memanfaatkan Global Positioning System (GPS) Tracker masyarakat maupun perusahaan yang memiliki unit kendaraan tak perlu khawatir unit kendaraannya hilang," ujar CJ Ong, CEO RajaPremi.com yang mendistribusikan EasyGo GPS, dalam keterangannya, Sabtu, 6 Februari 2016.

Diklaim Ong, EasyGo GPS merupakan solusi sistem manajemen transportasi kekinian. Selain security system, EasyGo juga berfungsi sebagai tracking monitoring system, push alarm system, driver behavior dan masih banyak manfaat lainnya.

"Kendaraan akan terhindar dari kemungkinan pencurian, memantau posisi kendaraan kapanpun dan dimanapun secara realtime, mengurangi kemungkinan penyalahgunaan kendaraan, membantu mengurangi biaya operasional kendaraan, efektifitas atau menambah produktifitas kendaraan, mengontrol kecepatan kendaraan, spy monitoring yang bisa mendengar pembicaraan di dalam kendaraan atau istilahnya, penyadapan. Maupun mematikan kendaraan dari jarak jauh," ujar Ong.

Beberapa GPS yang dibenamkan teknologi canggih itu di antaranya EasyGo 80 T-1 GPS Tracker, EasyGo 80 GPS Tracker, EasyGo 80 T-2, OBD GPS Tracker, AL1 Anti Jamming GPS Tracker.

"GPS yang didapat dari RajaPremi maka konsumen juga akan mendapatkan free voucher asuransi sebesar Rp500 ribu dengan nilai klaim senilai Rp150 Juta," kata Ong.

Saat ini beberapa pemain di pasar perangkat GPS hadir dengan merek seperti Garmin dan TomTom. Sejatinya, menurut data Gartner, penurunan penjualan perangkat GPS telah mulai terlihat sejak 2008, ketika smartphone dan teknologi data 3G mulai menjamur di ranah pasar global. Apalagi Android muncul dan memberikan akses ke navigasi Google Maps ke dalam smartphone.

Sejak 2008 pun sekitar 45 juta orang mulai memburu smartphone Android yang memiliki sistem navigasi GPS dan Google Maps. Smartphone pun disematkan di dashboard mobil, menggantikan fungsi GPS tracker.

(mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP