Fosil Spesies Laba-laba Ini 'Ereksi' 99 Juta Tahun

Fosil spesies laba-laba harvestman
Sumber :
  • www.livescience.com/Jason Dunlop et al., The Science of Nature

VIVA.co.id –  Kurator Museum für Naturkunde di Berlin menerima fosil hewan sebangsa laba-laba yang unik. Kurator bernama Jason Dunlop menemukan fosil kerabat laba-laba yang bernama daddy longlegs atau dikenal harvestman, yang terlestarikan selama 99 juta tahun dengan kondisi alat vital sedang ereksi.

Ngeri, Kejanggalan Bermunculan Setelah Otak Atik Fosil Mengerikan Ini

Dikutip dari Live Science, Kamis 4 Februari 2016, fosil hewan tersebut ditemukan di sebuah area kapur di Myanmar.  

Bentuk alat vital hewan harvestman tersebut juga terbilang berbeda, ujungnya berbentuk hati dan sedikit berliku di bagian pangkalnya. Menariknya alat vital itu disebutkan ereksi sepanjang waktu, 99 juta tahun.

Geger Fosil Tanda Akhir Zaman Ditemukan

"Sangat mengejutkan untuk melihat organ genital itu, karena mereka (organ vital) biasanya tersembunyi di tubuh," kata Dunlop.

Diketahui organ genital kelompok laba-laba memang beragam. Beberapa laba-laba punya sungut yang dipakai untuk melewatkan sekelompok sperma untuk para laba-laba betina. Nah khusus untuk spesies harvestman memiliki alat vital yang dapat diperpanjang seperti alat vital binatang mamalia. Saat alat vital itu tak digunakan, organ itu disembunyikan di dalam tubuh.

Geger Penemuan Fosil Gading Gajah di Sragen, Umurnya Diperkirakaran 800 Tahun

Dunlop mengatakan menerima fosil spesis laba-laba ini termasuk golongan spesies kuno Halitherses grimaldii itu dari seorang kolektor.

Dikatakan fosil harvestman tergolong langka, mengingat hanya 38 yang pernah ditemukan dan alat vital harvestman sulit dipahami sejauh ini.

Nah, penemuan spesies harvestman ini merupakan yang pertama kali dengan kondisi alat vitalnya yang masih dalam kondisi baik.

"Detail bentuk, ujung alat vital ini sangat penting untuk mengatakan di mana spesies ini berada pada pohon keluarga harvestman," kata dia.

Alat vital spesies laba-laba jenis harvestman

http://media.viva.co.id/thumbs2/2016/02/04/363747_alat-vital-spesies-laba-laba-harvestman_663_382.jpg

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya