Shopee Gratiskan Ongkos Kirim ke Seluruh Indonesia

Shopee rilis Gratis Ongkos Kirim
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id –  Aplikasi mobile marketplace, Shopee menggratiskan layanan ongkos kirim ke seluruh Indonesia bagi pelaku bisnis ritel berbasis online. Program yang diberi nama Gratis Ongkir (ongkos kirim) ini, Shopee mengandeng perusahaan logistik JNE.

Beda Penafsiran Permendag 31/2023 Jangan Bikin Rezeki UMKM Seret, Ini Penjelasannya

Menggratiskan pengiriman barang ini merupakan cara Shopee dalam memberdayakan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia, sehingga marketplace yang diusung Shopee dapat mudah dijangkau oleh pelanggan, terutama bagi mereka yang terhambat dari segi lokasi.

Shopee mengatakan programnya tersebut akan sangat berdampak positif, baik bagi para pengguna dan pelangan Shopee Indonesia dalam proses transaksi pembayaran. Dengan menggandeng JNE sebagai partner Gratis Ongkir ini, diharapkan dapat meningkatkan jaminan keamanan transaksi antara penjual dengan pembeli, meski tanpa dibebani biaya pengiriman barang.

Migrasi TikTok Shop ke Tokopedia Dikawal Ketat Kemendag, Ekonom: Dorong Digitalisasi UMKM

"Kami melihat industri ini sangat dekat dengan kebutuhan logistik. Artinya, kendala logistik adalah salah satu hambatan yang cukup kuat bagi orang, ketika berbelanja dan membuka usaha secara online," ujar Regional Managing Director Shopee, Rainal Lu di Locanda Food Voyager, Gedung Panin, Jakarta, Kamis, 4 Februari 2016.

Rianal mengatakan kalau program yang digalakkannya itu tanpa ada minimun pembelanjaan, Layanan ini dapat dinikmati di manapun dan kapanpun di seluruh Indonesia. Gratis Ongkir ini dapat dirasakan untuk biaya pengiriman hingga Rp80 ribu, apabila diatas nilai tersebut maka akan ditanggung oleh pembeli.

Realme C51s Mendadak Muncul di Pasar Indonesia, Harganya Enggak Nahan

"Saya rasa dengan maksimal biaya pengiriman segitu (Rp80 ribu) kita dapat mengirim barang hingga ke berbagai daerah di seluruh Indonesia. Kalau secara memang kita rugi (adanya gratis pengiriman), tapi dilihat dari sisi dalam mengembangkan dan memperkuat ekosistem e-commerce Indonesia, tentunya ini dapat mengedukasi masyarakat dalam berbelanja online," tutur Vice President Marketing JNE, Eri Palgunadi.

Program Gratis Ongkir ini tidak semua barang yang terpajang di Shopee menandakan gratis pengiriman. Layanan tersebut berlaku untuk barang yang tertanda ‘Free’, kemudian masukkan alamat pengiriman, cek opsi pengiriman JNE, pilih metode pembayaran, dan lakukan konfirmasi pembayaran.

E-commerce.

Migrasi TikTok Shop dan Tokopedia Dinilai Bikin E-Commerce Makin Dinamis, Ini Penjelasannya

Proses migrasi sistem elektronik TikTok Shop ke Tokopedia dipastikan sudah hampir rampung, jelang masa deadline yang bakal berakhir pada April 2024 mendatang.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024