Obama dan Jokowi Jadi Pemimpin Terpopuler di Facebook

Sumber :
  • REUTERS / Jonathan Ernst
<
Presiden: Proyek Kereta Bandara Selesai Sesuai Target 2017
p>
Jokowi Salat Jumat di Bandara Soekarno-Hatta
VIVA.co.id - Keberadaan Facebook dimanfaatkan betul oleh para pemimpin negara dunia. Hampir setiap pemerintah mempunyai akun media sosial yang didirikan Mark Zuckerberg itu. Pemimpin negara memakai Facebook untuk berkomunikasi dengan masyarakat melalui dunia maya.
Fadli Zon dan Fahri Hamzah Puji Jokowi

Berdasarkan hasil studi terbaru dari Burson-Marsteller baru-baru ini, mengungkapkan hampir 90 persen dari semua pemerintah di dunia punya akun Facebook resmi. Tercatat, 87 kepala negara, 82 kepala pemerintah, serta 51 menteri luar negeri memiliki laman pribadi di Facebook.

Selain itu, firma kehumasan dan komunikasi global ini juga menunjukkan berdasarkan dari data penelitian Twiplomacy tentang Para Pemimpin Dunia di Facebook, Januari 2016, ditemukan 169 dari 193 negara-negara anggota PBB memiliki akun Facebook resmi. 

Donald A. Baer, Worldwide Chair dan Chief Executive Officer (CEO) Burson-Marsteller, mengatakan penelitian pertama tentang penggunaan Facebook di kalangan pemerintah ini, memberikan pandangan berharga tentang praktik-praktik komunikasi di kalangan pemimpin politik di seluruh dunia.

“Banyak manfaat yang dapat dipelajari oleh korporasi, NGO (Lembaga swasaya masyarakat) dan sektor-sektor lainnya dari cara pemerintah dan para pemimpinnya menggunakan Facebook. Dengan menunjukkan sisi kemanusiaannya, mereka menciptakan hubungan yang lebih dekat dengan rakyatnya," kata Donald melalui keterangan tertulisnya, Senin 25 Januari 2016.

Sejak kemunculannya di internet hingga menjadi jejaring sosial terpopuler di dunia, Facebook menarik perhatian para pemimpin dan pemerintahan setiap negara untuk menggunakannya, baik sekedar berinteraksi dengan para pemilih dan konstituen mereka.

“Penelitian ini menunjukkan bahwa pemerintah semakin mengerti dan menjadi lebih profesional dalam menggunakan jejaring sosial. Sebuah temuan yang menggembirakan dari penelitian ini adalah bahwa dalam hal materi yang mereka publikasikan, pemerintah-pemerintah tersebut mengedepankan kualitas dibandingkan kuantitas,” ujar Jeremy Gallbraith, CEO Burson-Marsteller Eropa, Timur Tengah & Afrika dan Global Chief Strategy Officer.

Pemimpin populer di Facebook

Terhitung pada 4 Januari, secara keseluruhan semua pemimpin dunia tersebut sudah memiliki jumlah 'likes' sebanyak 230.489.257230.489.257 dan telah mempublikasikan 302.456 postingan.

Presiden Amerika Serikat Barack Obama menjadi pemimpin dunia yang paling populer di Facebook dengan 46 juta 'likes' pada laman kampanye-nya. Disusul oleh Perdana Menteri India, Narendra Modi dengan 31 juta fans pada laman pribadinya, dan 10,1 juta fans di laman institusionalnya, yang juga menduduki posisi ketiga.

Kemudian, Presiden Turki Recep Tayyip Erdo?an, Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi), dan Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi melengkapi daftar lima besar pemimpin-pemimpin dunia yang paling populer, dengan masing-masing mencatat lebih dari lima juta 'likes'.

Khusus di Asia, ternyata Jokowi menduduki posisi kedua setelah Narenda Modi dari India sebagai pemimpin yang paling disukai, diikuti oleh Benigno Noynoy Aquino dari Filipina, dan Presiden India, Pranab Mukherjee.

Pada November 2015, pemerintah Amerika Serikat membuat laman institusi resmi untuk Presiden Amerika Serikat (POTUS), yang mencatat 1,3 juta 'likes' dalam kurun waktu kurang dari dua bulan, dan berada di antara 30 laman pemimpin dunia terpopuler.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya