Menguak Riwayat Website Bahrun Naim

Aksi Solidaritas #KamiTidakTakut di Lokasi Ledakan Thamrin
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Bahrun Naim menjadi buronan kelas satu yang diburu pemerintah Indonesia. Pria pemilik nama asli Anggih Tantomo itu dituding polisi sebagai dalang aksi bom bunuh diri di kawasan Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis, 14 Januari 2016.

Keberadaannya saat ini belum jelas. Ada kabar dia bersama anak dan istrinya di Suriah. Di tengah buron, tiba-tiba muncul website yang menggunakan nama Bahrun Naim.

Dua Terduga Teroris di Malang Sudah Merencanakan Teror

Meski Kementerian Komunikasi dan Informatika sudah memblokir situs pendukung teroris pada pekan lalu, tapi nyatanya website dengan nama Bahrun Naim masih bisa diakses, website itu yaitu www.bahrunnaim.site. Sementara pekan lalu website beralamat domain www.bahrunnaim.co sudah diblokir.

Dalam penelusuran dua domain tersebut tercatat didaftarkan dari luar negeri.

Untuk website www.bahrunnaim.co, penelusuran website ini diregistrasikan pada 25 November 2015 dengan waktu berakhir masa domain pada 24 November 2016. Website ini terakhir kali diperbaharui pada 14 Januari 2016, hari teror bom di kawasan Thamrin terjadi.

Menariknya, website didaftarkan dengan nama registran WhoisGuard Protected dengan lokasi dan kontak kode pos, nomor telpon dan faksimile registran di Panama, negara yang terletak di tenggara Amerika Tengah.

Tercatat, alamat email registran juga cukup unik yaitu memakai alamat 273dc1420cee4e6fa3c63318455ea9ac.protect@whoisguard.com.

Website ini punya server DUMMYSECONDARY.PLEASECONTACTSUPPORT.COM dan BLOCKEDFORABUSE.PLEASECONTACTSUPPORT.COM.

Sementara website kedua yang berdomain www.bahrunnaim.site ini juga berumur masih hitungan hari. Dalam penelusuran website ini dibuat pada 17 Januari 2016 dan pembaharuan terakhir tercatat dilakukan pada tanggal tersebut.

Website ini, menariknya, punya profil registran yang sama dengan website www.bahrunnaim.co.

Tercatat, website www.bahrunnaim.site didaftarkan dengan nama registran WhoisGuard Protected dengan lokasi dan kontak kode pos, nomor telpon dan faksimile registran di Panama.

Untuk alamat email registran yaitu tercatat 4b49c040560423f98ca9c4e41e39587.protect@whoisguard.com.

Website punya dukungan server DNS1.REGISTRAR-SERVERS.COM, DNS2.REGISTRAR-SERVERS.COM, DNS3.REGISTRAR-SERVERS.COM, DNS4.REGISTRAR-SERVERS.COM, DNS5.REGISTRAR-SERVERS.COM.

Profil Bahrun Naim memang dikenal sebagai sosok yang mahir dalam teknologi.  Dia merupakan lulusan jurusan ilmu komputer pada Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

Dua Terduga Teroris Jaringan Thamrin Dipindahkan ke Jakarta

(mus)

Aman Abdurahman alias Oman.

Aman Abdurrahman Segera Bebas, Pemerintah Bingung

Aman satu dari 68 narapidana yang masih kukuh pada ideologi radikal.

img_title
VIVA.co.id
18 Maret 2016