Pemenang Palapa Ring Diumumkan Pekan Ini

Menkominfo Rudiantara.
Sumber :
  • Viva.co.id/Amal Nur Ngazis

VIVA.co.id - Pemerintah akan mengumumkan pemenang tender dari proyek Palapa Ring pada minggu ini. Dari tiga paket yang ditender di seluruh Indonesia, maka pekan ini pemenang dari paket barat akan segera diketahui.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, usai meresmikan Pusat Inovasi, hasil kerja sama antara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan PT Huawei Tech Investment (Huawei Indonesia) di Gedung BRI II, Jalan Sudirman Kav 44-46, Jakarta, Selasa, 19 Januari 2016.

"Minggu ini akan mulai diumumkan siapa pemenangnya untuk paket barat," ujar Rudiantara kepada VIVA.co.id.

Seperti diinformasikan, dalam tender Palapa Ring ini dibagi menjadi tiga paket, yakni Paket Barat, Paket Tengah, dan Paket Timur. Rudiantara mengatakan pemenang tender di setiap wilayahnya tak perlu serentak.

"Tidak perlu serentak, yang penting tahun 2018 semua ibu kota kabupaten dan kotamadya sudah terhubung (dengan kabel optik tersebut)" jelas pria yang pernah mengisi berbagai posisi strategis di operator telekomunikasi.

Diketahui, khusus untuk Paket Barat ini, peserta Palapa Ring ada lima perusahaan dari yang mulanya enam perusahaan, karena PT Indosat Tbk melebur dengan PT XL Axiata Tbk dengan membentuk konsorsium bernama PT Alita Praya Mitra. Selain itu, ada PT iForte Solusi Infotek, Konsorsium Mora Telematika Indonesia-Ketrosden Triasmitra, Konsorsium Super Sistem Ultime-Huawei, dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk.

Dalam Paket Barat ini, mereka akan membentengkan kabel optik laut sepanjang 1.122 kilometer dengan estimasi biaya yang dikeluarkan mencapai US$40,39 juta (Rp560,0 miliar). Sementara secara keseluruhan, maka proyek Palapa Ring ini akan membentang total panjang 8.479 kilometer di seluruh Indonesia dengan perkiraan biaya US$230,64 juta atau Rp3,2 triliun.

Diharapkan dengan Palapa Ring tersebut dapat menggenjot kecepatan internet lebih cepat lagi di Tanah Air dengan kecepatan akses mencapai 20 Mbps di wilayah perkotaan dan 10 Mbps di pedesaan. Saat ini, kecepatan rata-rata internet menyentuh 1,9 Mbps.

Tarif Interkoneksi Turun, Pemerintah: Demi Masyarakat
Apple iPhone.

Apple Bangun Tempat Riset Dulu, Baru Jualan di Indonesia

Direksi Apple sudah datang ke Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016