Pakai Uber, Bisa Pesan Helikopter Mewah Airbus

Helikopter Airbus
Sumber :
  • www.airbushelicopters.com

VIVA.co.id - Produsen pesawat terbang bermarkas di Prancis, Airbus menjalin kerja sama baru layanan transportasi dengan perusahaan aplikasi Uber. Airbus menyediakan helikoper paling mewahnya untuk dipakai sebagai tumpangan melalui aplikasi Uber.

Pengumuman itu langsung disampaikan oleh Chief Executive Officer (CEO) Airbus, Tom Enders kepada Wall Street Journal di sela konferensi Life Design di Jerman.

"Ini adalah proyek percontohan, kami akan melihat bagaimana kelanjutannya, tapi ini sangat menarik," kata Enders dikutip dari Wall Street Journal, Senin 18 Januari 2016.

Menurut juru bicara Airbus, perusahaan akan menyediakan helikoper terbaik mereka yaitu Airbus H125 dan H130 untuk dipakai dalam acara Sundance Film Festival di Utah, Amerika Serikat, pekan ini. Nantinya Uber akan bermitra Air Resources, operator H125 berbasis di Utah, AS.

Masih Merugi, Uber 'Dicaplok' Didi Chuxing

Juru bicara Airbus mengatakan, untuk merasakan tumpangan helikoper mewah Airbus itu, Uber disebutkan siap mengirimkan mobil khusus untuk menjemput klien dan mengantarkan mereka ke landasan helikopter.

Airbus menolak membeberkan berapa nilai kesepakatan kerja sama dengan Uber tersebut.

Masuknya Airbus dengan layanan penyewaan helikopter ini untuk memberikan pengalaman berbeda memesan helikopter secara privat. Bisnis penyewaan helikopter ini juga dibilang cukup menggiurkan dibanding Airbus menyewa helikopter kepada pelanggan konvensional, yaitu perusahaan minyak dan gas.

Diketahui, perusahaan gas dan minyak secara tradisional telah menjadi pasar kunci bagi helikopter komersial termewah Airbus. Tapi belakangan, harga komoditas yang rendah tersebut menyebabkan mereka memotong pembelian dan penggunaan helikopter.

Soal harga layanan memesan helikopter mewah melalui Uber belum diketahui harganya.

Uber sejatinya sudah memiliki layanan pemesanan transportasi menggunakan helikopter, yaitu UberChopper, yang melayani rute Manhattan dan Hampton, AS sejak 2013. Uber juga telah berpengalaman menyediakan tumpangan helikopter pada acara tertentu misalnya Cannes Film Festival pada Mei dan Bonnaroo Music and Arts Festival pada Juni.

Untuk menyewa UberChopper, pengguna dikenai biaya antara ratusan sampai ribuan dolar AS.

Terkait kerja sama dengan Airbus, sejauh ini Uber belum memberikan tanggapan.

Pintu Organda Terbuka untuk Uber dan Grab Asalkan ...
Fernando Alonso CEO Airbus Military Aircraft Defence and Space

Airbus Antusias Perkuat Industri Pesawat Militer RI

Airbus juga ingin bantu PT DI bertransformasi ke era digital.

img_title
VIVA.co.id
4 Agustus 2016