Tiga Bola Misterius dari Langit Mendarat di Vietnam

Objek bola misterius di Vietnam
Sumber :
  • www.cbs.ca/VietnamNet Bridge

VIVA.co.id - Benda misterius dari langit mendarat di Vietnam. Tiga bola logam misterius mendarat di Vietnam bagian utara pada akhir pekan lalu. Benda misterius itu pun langsung diamankan dan diselidiki oleh militer Vietnam.

Saksi menyebutkan sebelum tiga bola misterius itu ditemukan, mereka mengaku mendengar gangguan suara mirip petir di langit dan kemudian melihat objek tersebut terbang pada Sabtu pagi pekan lalu waktu setempat. Setelah itu, objek misterius itu menghujam dan mendarat di daratan.

Dikutip CBC, Senin 11 Januari 2016, dua dari tiga bola misterius itu masing-masing punya bobot 250 gram dan tujuh kilogram. Dua bola itu mendarat di Provinsi Yen Bai. Bola yang bobotnya lebih kecil dilaporkan menghantam atap rumah penduduk, sedangkan bola yang lebih besar mendarat di sebuah kebun.

Sementara satu bola lainnya merupakan bola yang paling besar, berbobot 35 sampai 45 kilogram. Untungnya, bola terberat ini mendarat jauh dari penduduk, yaitu di dekat sungai di kawasan ladang jagung, Provinsi Tuyen Quang.

Media lokal setempat melaporkan, ketiga bola misterius itu telah disita oleh Angkatan Udara Vietnam dan diselidiki oleh Kementerian Pertahanan. Hasil penyelidikan kementerian tersebut nantinya akan dilaporkan ke Organisasi Penerbangan Sipil Internasional.

Penyelidikan sejauh ini menduga objek bola tersebut kemungkinan adalah bagian dari tangki udara dari roket yang produksi di Rusia, meskipun dijual ke negara lain. Bola misterius itu dilaporkan terbuat dari logam dan tidak mengandung bahan radioaktif atau bahan peledak.

Sebelumnya, Nguyen Khoa Son, profesor State Space Science and Technology Program Vietnam mengatakan kepada media lokal, VietnamNet Bridge, objek tersebut kemungkinan hasil dari kegagalan peluncuran satelit. Dia mengatakan objek tersebut masih utuh dan menunjukkan bola jatuh dari ketinggian kurang dari 100 kilometer.

Objek bola misterius yang jatuh ke daratan dari langit sudah pernah terjadi sebelumnya. Diketahui belum lama ini, ada bola jatuh di Spanyol dan Turki pada November 2015. (ren)

Kejahatan dan Ide Penjara di Luar Angkasa

2017, Moon Express Buka Perjalanan Wisata ke Bulan

Mereka mengklaim telah mendapatan izin dari pemerintah federal.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016