Ini Sebab Warna Lucu pada Bulu Kucing

Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Peneliti dari University of Edinburg, Skotlandia, telah menemukan penyebab mengapa sebagian kucing mempunyai warna yang lucu, seperti belang hitam putih.
 
Ternyata, setelah dilakukan riset, Richard Mort, salah satu peneliti menyebut, bulu belang malah disebabkan oleh sel-sel pigmen yang gagal mengikuti petunjuk ketika mentransfer pigmen pada kucing. Hal itu terjadi saat pertumbuhan embrio.
 
Kendati memang, arah gerombolan sel-sel pigmen itu bergerak secara acak, sel-sel komunikasi tidak menghantarkan mereka pada satu arah.
 
Karena itu lah, peneliti juga menemukan pada perut kucing warnanya polos, atau putih saja. Penyebabnya juga karena pigmen yang gagal, sehingga tidak ada lagi pigmen lain yang menutupi bagian perut kucing.
 
“Kami sudah tahu, sel bergerak melalui kulit yang berkembang untuk membuat pigmen. Kami telah menemukan bahwa mereka bergerak dan berkembang biak secara acak, di mana tidak sesuai harapan kami,” ujar Richard.
 
Richard menyebut, mereka melacak proses belang pada kucing melalui metode matematika.
 
“Menggunakan model matematika, kami kemudian mampu menunjukkan bahwa proses yang sederhana ini (matematika) bisa menjelaskan pola belang-belang,” tuturnya.
 
Maka, selanjutnya, ia menambahkan, metode matematika yang mereka pakai bisa digunakan untuk melacak sel pigmen pada saat perkembangan awal.

Begini Rupa Api Jenis Baru
Bunga matahari

VIDEO: Kenapa Bunga Matahari Mengikuti Gerak Sang Surya?

Bunga matahari muda selalu menghadap ke timur saat pagi hari.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016