Facebook Siapkan Rencana Keluar dari Google

Ilustrasi Facebook mulai ditinggalkan pengguna
Sumber :
  • technorati.com

VIVA.co.id - Ada kabar baru dari persaingan antara Facebook dan Google. Situs jejaring sosial besar tersebut dilaporkan sudah menyiapkan strategi jika suatu saat dikeluarkan dari pusat aplikasi Google, Play Store. Facebook siap keluar dari Google.

Laman The Information yang dikutip Tech Times, Rabu 6 Januari 2015, melaporkan seorang sumber yang mengetahui rencana ini menunjukkan Facebook sedang mempersiapkan 'pengukuran darurat' secara rahasia agar aplikasi jejaring sosial itu bisa beroperasi pada perangkat Android. Skema ini disebut untuk mengantisipasi jika suatu saat Facebook dikeluarkan dari Play Store.

Salah satu langkahnya yaitu, Facebook ingin memastikan layanan aplikasi bisa berjalan pada perangkat Android, misalnya layanan aplikasi berbayar (in-app purchases) sampai pembaharuan aplikasi atau notifikasi, bisa berjalan tanpa kendala begitu keluar dari Google.

"Tujuan Facebook yaitu menjadi siap, misalnya aplikasi ini mengalami konflik tak terkendali dengan Google, yang mengoperasikan sistem operasi Android," kata sumber tersebut.

Sejauh ini, Facebook belum memiliki rencana untuk berpisah dari Google. Tapi, publikasi sumber tersebut menuliskan hubungan antara Facebook dan Google sedang tegang dalam beberapa tahun terakhir sampai saat ini.

Makanya dampak hubungan tak baik itu, Facebook kemudian menyiapkan rencana jika suatu saat Google benar-benar mengeluarkannya dari pusat aplikasi.

Sementara laman Engagdet menuliskan, rencana rahasia Facebook itu juga termasuk menguji bagaimana nantinya jika pengguna mengunduh Facebook di luar pusat aplikasi, sampai informasi lokasi sebagai alternatif Google Maps. Kabar yang berhembus menyebutkan Facebook malah sudah merancang proses yang mana bisa menawarkan pembaharuan dan notifikasi tanpa harus melalui Play Store. Diketahui saat ini, pengguna Android hanya bisa memperbaharui aplikasi Facebook melalui Play Store.

The Information menyebutkan, salah satu cara Facebook menguji rencana keluar dari Google ini adalah, membuat aplikasi mereka tak tersedia pada pengguna di 'negara kecil' selama sepekan. Selanjutnya, pengguna tersebut akan diarahkan ke tautan web untuk mengunduh aplikasi Android untuk Facebook.

Laporan tersebut juga menuliskan Facebook sangat mungkin menggunakan pusat aplikasi Oculus VR yang telah terinstal pada beberapa ponsel pintar Samsung, untuk membuat pengguna bisa memperbaharui aplikasi Android untuk Facebook.

Opsi lain yang bisa dilakukan Facebook begitu lepas dari Google adalah, dengan menggandeng produsen perangkat untuk langsung menyediakan Facebook pada handset yang diproduksi mereka. (one)

Kata Google Soal Hapus Palestina dari Maps
Facebook

Zuckerberg: Kuartal Ini Bagus Berkat Video

Ada Facebook Live dan Instagram Stories.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016