Natal dan Tahun Baru 2016, Trafik Data Tri Terbesar Kedua

Ilustrasi nonton video di YouTube.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - PT Hutchinson 3 (Tri) Indonesia mengaku sukses memuaskan pelanggannya, dalam hal kualitas layanan telekomunikasi selama Natal dan Tahun Baru.

Zuckerberg: Kuartal Ini Bagus Berkat Video

Bahkan, Tri mendapat peningkatan penggunaan layanan data. Berdasarkan data mereka, penggunaan layanan Over-the-Top (OTT), seperti Facebook, trafik datanya meningkat hampir 70 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Artinya, saat ini, Tri punya pelanggan Facebook kedua terbesar di Indonesia.

Sering Dibully, Ahmad Dhani: Saya Jadi Tambah Pintar

Presiden Direktur Tri, Randeep Singh Sekbon, mengatakan lonjakan trafik selama perayaan Natal dan pergantian tahun sudah mereka antisipasi sebelumnya, terutama pada layanan OTT yang menggunakan jaringan data, seperti Facebook dan WhatsApp.

Sebab, komunikasi melalui lalu lintas data lebih sering digunakan pelanggan, ketimbang menggunakan SMS, atau suara.

Ubahlah Status Anda di Media Sosial

Itu sebabnya, Tri telah meningkatkan kapasitas data di seluruh Indonesia, terutama di kota-kota besar Jawa dan kota tujuan wisata lainnya, untuk memastikan, bahwa pelanggan dapat bertukar pesan ucapan tepat waktu.

"Penggunaan Facebook meningkat hampir 20 persen pada malam Natal dan malam tahun baru, serta hampir 30 persen pada WhatsApp. Kami bersyukur, layanan kami telah beroperasi dengan baik tanpa ada hambatan yang berarti, meskipun terjadi lonjakan trafik," ujar Randeep dalam keterangan tertulisnya, Minggu 3 Januari 2016.

Untuk menunjang peningkatan lonjakan ini, Tri menempatkan
mobile Base Tranceiver Station
(BTS) di pusat-pusat keramaian perayaan Natal dan malam pergantian tahun. Di hari biasa, trafik data yang ditampung oleh jaringan Tri mencapai sekitar 1.200 TB (Terabyte) per hari.

Trafik tersebut dikelola dengan rentang spektrum yang sangat minim, yakni 10 (Megahertz) Mhz di pita 1800 Mhz dan 10 Mhz di pita 2100 Mhz. Dengan trafik data yang tinggi ini, Tri telah menjadi operator penyedia layanan data bergerak terbesar kedua di Indonesia. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya