Beli Smartphone Baru Seperti Cari Jodoh, Harus Selektif!

Ilustrasi mencari jodoh.
Sumber :

VIVA.co.id – Di era ini, membeli smartphone jadi hal yang gampang-gampang susah. Gampang karena kamu bisa menemukan begitu banyak merek berbeda dengan harga yang variatif, tapi juga susah karena butuh ketelitian untuk memperoleh produk yang sempurna.

Perkembangan Sistem Pangan dan Pemenuhan Gizi di Masyarakat

Tapi tenang saja! Dengan 5 panduan ini, membeli smartphone baru akan terasa lebih mudah dan menyenangkan:

Sesuaikan ukuran layar dengan kebutuhan

Saingi Dominasi Google, Ponsel China Berkoalisi

Sesuaikan ukuran layar dengan kebutuhan

Secara umum, ada 3 jenis ukuran layar smartphone, yaitu small screen (kurang dari 4.5 inchi), medium screen (4.5 hingga 5.4 inchi), dan large screen (lebih dari 5.5 inchi). Untuk smartphone dengan layar kecil tentu lebih praktis dalam hal penyimpanan dan membuatmu tak perlu terlalu banyak menggerakkan jari saat menggunakannya. Tapi jenis ini kurang cocok untuk kamu yang doyan main game.

Microsoft Sudahi Windows 7, Pengguna Move-on Dong!

Sedangkan smartphone dengan layar besar tentu saja sangat nyaman digunakan untuk nonton video dan gaming. Tapi cenderung susah dibawa ke mana-mana dan tak mudah dioperasikan dengan satu tangan. Jadi, pilihan yang paling pas adalah smartphone dengan layar sedang yang mudah dibawa, praktis disimpan, dan memberikan kenyamanan maksimal untuk berbagai aktivitas.

Namun bagaimana jika kamu ingin smartphone yang mudah dibawa sekaligus tidak bikin mata sakit sewaktu mengerjakan tugas /  membuat presentasi, maka fitur Continuum wajib ada di list kamu. Fitur ini bisa menyambungkan smartphone dengan monitor eksternal seperti TV dan LCD, juga Universal Foldable Keyboard, Display Dockdan mouse. It works like your PC!

Perhatikan display quality

Perhatikan display quality
Kamu tentu ingin menikmati gambar yang tajam dan jernih saat beraktivitas dengan smartphone kesayangan, kan? Maka dari itu, perhatikan display quality sebelum membeli smartphone baru. Pertimbangkan smartphone yang memiliki resolusi 1440 x 2560 pixels karena mampu menampilkan gambar dengan kualitas quad-HD.

Selain itu, perhatikan juga perlindungan pada layarnya, ya. Tak oke kan, punya smartphone berosolusi tinggi tapi memiliki layar yang rawan gores? Perlindungan dari Corning Gorilla Glass 3 layak kamu dapatkan untuk menjamin telepon pintar kesayangan tetap awet meski digunakan dalam berbagai kondisi.

Cermati kekuatan kamera

Cermati kekuatan kamera

Salah satu evolusi terbesar di dunia smartphone terjadi pada bagian kamera. Ya, saat ini sudah banyak telepon cerdas yang mampu menangkap gambar dengan kualitas menakjubkan. Terlebih lagi untuk kamu yang hobi fotografi, memiliki smartphone dengan fitur kamera terbaik tentu perlu diperhatikan.

Apalagi kalau smartphone dilengkapi dengan berbagai fitur seperti geo-tagging, face detection,rich capture, triple led flash, dan panorama,tentu aktivitas memotretmu jadi makin asyik. Akan jauh lebih memuaskan kalau smartphone pilihanmu memiliki fitur khusus yang bisa menghasilkan jepretan tak biasa.

Jangan remehkan prosesor

Jangan remehkan prosesor
Prosesor di dalam smartphone berperan layaknya otak manusia. Maka dari itu, jangan pernah remehkan hal satu ini saat memilih telepon pintar. Pastikan produk yang kamu incar memiliki prosesor mumpuni dengan kecepatan luar biasa.

Smartphone dengan Qualcomm's Snapdragon series bisa jadi pilihan terbaik. Seri ini menawarkan performa terbaik saat membuka aplikasi, bermain game, serta mengedit foto. Kamu pun tak perlu membuang waktu dengan menunggu lemotnya prosesor smartphone saat beraktivitas.

Wajib perhatikan ketahanan baterai

Wajib perhatikan ketahanan baterai
Apa gunanya prosesor super canggih dengan kamera terjernih kalau smartphone-mu gampang lowbat? Maka dari itu, jangan pernah abaikan ketahanan baterai saat memilih smartphone. Carilah telepon pintar yang mampu bertahan meski digunakan berselancar di dunia maya seharian.

Baterai     Li-Ion 3000 mAh bisa jadi pilihan terbaik karena mampu bertahan hingga lebih dari 288 jam di jaringan 3G dalam kondisi stand by. Saat digunakan untuk menelepon, baterai ini bisa bertahan sampai 18 jam.

Hmm, 5 kriteria tersebut memang tampak mustahil terkumpul dalam 1 smartphone. Tapi nyatanya, ada lho, telepon cerdas yang mampu memberikan kelima fasilitas menakjubkan tersebut untuk kamu! Coba tengok Microsoft Lumia 950 yang dilengkapi dengan kamera 20 MP serta 4G LTE, dan kamu akan memperoleh pengalaman terbaik dalam menggunakan smartphone! (web)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya