Ternyata Monyet Jantan Juga Suka Dandan Seperti Wanita

monyet
Sumber :
  • Dailymail.co.uk
VIVA.co.id
Denny Cagur Lolos Jadi Anggota DPR, Gimana Kariernya di Dunia Entertainment?
-
VIVA.co.id
Usai Memilih Mualaf, Davina Karamoy Belum Siap Kenakan Hijab
- Layaknya manusia, monyet juga akan melakukan berbagai upaya untuk merangsang pasangannya ketika hendak berhubungan. Mereka pun bersolek agar menarik pasangannya.
Diusung PKS jadi Bakal Cawalkot Depok, Imam Budi Hartono: Kerja Berat Menanti Saya
 
Jika pada manusia, kaum wanita lah yang akan memoles wajah mereka secantik mungkin agar menarik simpati pria. Namun monyet berprilaku sebaliknya. Bukan betina yang berdandan tapi justru monyet jantan.

Monyet pesolek itu bernama latin
rhinopithecus stykeri
atau monyet berhidung pesek. Monyet jenis ini adalah spesies baru yang ditemukan di hutan Myanmar Utara.


Karena prilaku aneh spesies ini, para peneliti pun terus melakukan observasi demi mengungkap jati diri monyet ini.

 

Seperti dilansir
Dailymail
, Jumat, 18 Desember 2015, para peneliti di China telah mengamati prilaku monyet hidung pesek tersebut. Mereka pun menemukan bahwa monyet pesek jantan dewasa akan memerahkan bibir bawah mereka ketika menggoda sang betina untuk kawin.

 

Sementara monyet pesek jantan yang masih muda, tidak memiliki rona bibir merah seperti yang dilakukan oleh monyet dewasa.

 

Peneliti mengamati monyet-monyet itu di Xiangguquing, China. Penelitian ini melibatkan 15 monyet jantan selama musim kawin dan bukan musim kawin.


Dikatakan, selama musim kawin, monyet jantan dewasa akan mengeluarkan rona merah pada bibir seksi mereka. Sementara pada saat bukan musim kawin, mereka akan berkamuflase dengan rona bibir seperti semula.

 

Kemudian, peneliti menjelaskan, kehidupan monyet hidung pesek jantan memiliki dua tipe, yaitu tipe Omu dan Amus. Omu merupakan tipe yang hanya ada monyet jantan dewasa saja. Tipe omu itu satu monyet jantan bergabung di antara monyet-monyet betina.

 

Namun, satu monyet itupun terkadang bergabung dengan kerumunan monyet jantan dewasa lainnya, yang mereka bisa berjumlah hingga 500 ekor. Di sini persaingan untuk kawin pun lebih ketat.

 

Lalu, tipe Amus adalah tipe yang semuanya adalah para monyet pesek jantan yang masih muda. Mereka dilarang dan tidak mempunyai akses untuk kawin.

 

Kesimpulan yang didapat oleh para peneliti dari China itu merupakan perbandingan dari usia, status, ukuran harem atau disebut dengan jumlah betina dewasa dan berdasarkan musim.




Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya