2015, Batu Akik dan Gojek Terpopuler di Google

Google Year in Search 2015
Sumber :
  • Viva.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id - Sesuai tradisi menjelang akhir tahun, sebagai mesin pencari internet, Google mengetahui apa saja hal yang menarik perhatian pengguna internet.

Brutal, Manajer Google Diperkosa Lalu Dibunuh

Perusahaan raksasa digital itupun merilis data-data terkait perilaku pencarian pengguna internet (netizen) selama setahun terakhir melalui program Year in Search 2015.

Dalam program tersebut, Google merangkum kilas balik peristiwa sepanjang 2015 yang terjadi di dunia maya. Rangkuman tersebut berdasarkan keywords atau kata kunci pencarian yang diketik netizen.

Disampaikan Communications Head of Google Indonesia, Putri Silalahi, penelusuran terpopuler pada platform Google ini dirilis di 70 negara di seluruh dunia, termasuk salah satunya di Indonesia.

"Beda untuk tahun ini, kita merilis data penelusuran berdasarkan trending search. Sebelumnya dilihat top search. Pertimbangan menggunakan trending ini karena bisa memberikan pemahaman yang lebih dalam," ujar Putri di The Consevartory, Jakarta, Rabu, 16 Desember 2015.

Dikatakannya, penelusuran terpopuler ini juga dilihat dari pick tertinggi dan konsisten berada di jajaran teratas. Maka dari itu, ditemukannya 10 kata penelusuran yang dicari oleh masyarakat Indonesia.

Dari 10 besar topik yang diincar oleh netizen Tanah Air, ternyata batu akik menjadi topik yang paling terpopuler selama tahun 2015. Batu akik yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu kembali booming di tahun ini.

"Batu akik itu pick-nya berada di puncak pencarian Google selama 2015. Meski kadang turun tetapi ia berada di jajaran atas secara konsisten dibandingkan keywords lainnya. Setelah dirata-rata, batu akik menjadi yang paling banyak ditelusuri," ucap Country Industry Head, Google Indonesia, Hengky Prihatna.

Berikut 10 penelusuran terpopuler oleh netizen Indonesia.
1. Batu akik
2. Go-Jek
3. Kue Cubit
4. Angeline
5. Olga Syahputra
6. Dubsmash
7. Furious 7
8. Tragedi Mina
9. Goyang Dumang
10. Piala Presiden‎

(ase)

Riwayat Blunder Google, Hapus Palestina Sampai Area India
Peta Palestina dihilangkan di Google Maps.

Kata Google Soal Hapus Palestina dari Maps

Google tak pernah menuliskan Palestina di Maps.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016