Presiden Rusia Punya Gaya Jalan yang Aneh, Ini Penyebabnya

Presiden Rusia Vladimir Putin
Sumber :
  • REUTERS/Michael Klimentyev/RIA Novosti/Kremlin

VIVA.co.id - Hanya sedikit orang yang menyadari jika presiden Rusia, Vladimir Putin, memiliki cara belajar yang unik. Hal ini membuat seorang ilmuwan mencari tahu mengapa Putin berjalan dengan cara yang tidak biasa.

Ilmuwan ahli syaraf otak (neurologi) bernama Profesor Bastiaan Bloem merasa penasaran dengan polah Putin. Dia memperhatikan jika Putin berjalan dengan satu tangan yang kaku, sedangkan tangan lainnya bisa bergerak dengan bebas.

"Kami memperhatikan hal ini setelah melihat banyak video terkait Putin yang sedang berjalan, dari rekaman di Youtube. Dia memilih untuk membuat tangan kanannya tegang saat berjalan, sedangkan tangan kirinya bisa mengayun dengan bebas. Biasanya, semua orang berjalan dengan kondisi dua tangan mengayun bebas ke arah yang berlawanan," ujar peneliti dari Radboud University Medical Center di Belanda itu, seperti dikutip dari NBC News, Kamis, 17 Desember 2015.

Bloem, yang biasa mengurusi kelainan pada syaraf tubuh menganggap jika kemungkinan besar Putin menderita Parkinson, yang menyebabkan tangannya tidak bisa bergerak bebas, berbeda dengan tangan lainnya. Namun hal itu langsung terbantah setelah Bloem melihat cara pelatihan tentara KGB Rusia.

"Menurut penelitian yang kami lakukan, memperhatikan proses pelatihan KGB, sepertinya Putin telah terbiasa dengan sikap militer itu. KGB-lah yang membuat cara Putin berjalan seperti itu," ujar Bloem.

Dijelaskan Bloem, dalam pelatihan militer, tentara KGB diwajibkan untuk tetap memegang senjata di tangan kanan, dalam posisi tangan tetap tegap di sampaing dan senjata berada dekat dengan dada. Posisi ini berlaku saat pasukan sedang berjalan.

"Tangan kiri dalam posisi tetap, meski bebas tapi harus tetap bersiap agar bisa membantu tangan kanan mengangkat senjata saat berhadapan dengan musuh," ujarnya.

Putin berjalan dengan cara itu dan melangkah dengan cepat. Ternyata tidak hanya Putin yang berperilaku seperti itu. Saat memperhatikan video beberapa pejabat Rusia lainnya, terlihat posisi jalan mereka sama. Seperti Perdana Menteri Dmitry Medvedev, dua mantan menteri pertahanan dan seorang komandan militer bernama Anatoly Sidorov. Semua pejabat itu merupakan lulusan militer KGB.

"Jelas sudah, ini merupakan pengaruh dari adaptasi perilaku militer yang diterapkan KGB," ujar Bloem.

Begini Rupa Api Jenis Baru

Jika penasaran dengan cara jalan Putin, mungkin bisa dilihat di video berikut.

(ren)

Bahaya Olimpiade Rio dari Sisi Ilmuwan
Bunga matahari

VIDEO: Kenapa Bunga Matahari Mengikuti Gerak Sang Surya?

Bunga matahari muda selalu menghadap ke timur saat pagi hari.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016