Waspada 'Diskon Abal-abal' Hari Belanja Online Nasional

Ilustrasi penjualan online.
Sumber :
  • Ist.
VIVA.co.id
Platform Ini Khusus untuk Belanja Produk Kesehatan
- Pengunjung dunia maya saat ini mendapat tawaran menggiurkan, yaitu barang serba murah dalam rangka Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas), yang ditawarkan situs-situs belanja daring (online) selama 10-12 Desember 2015. Namun, ada hal yang harus diwaspadai oleh para pengunjung saat memutuskan untuk membeli barang di ajang serba murah ini.

Sebulan, Pengunjung Matahari Mal Naik 7 Kali Lipat

Pantauan
Lima Produk yang Laris Dijual Online
VIVA.co.id , ada beberapa produk yang dijual dengan harga jauh di atas harga sebenarnya. Kemudian harga ini 'dibanting' sangat jauh sehingga mendapatkan harga akhir untuk pengguna yang jauh dari 100 persen.


Misalnya saja sebuah smartphone LG Leon berkapasitas 8GB. Dalam sebuah situs ditunjukkan jika harga ponsel pintar keluaran vendor Korea itu memiliki harga akhir sekitar Rp1,8 juta. Namun situs itu mengklaim jika harga itu mendapatkan diskon hingga 93 persen karena aslinya LG Leon dibanderol Rp25 juta.


Ditelusuri Viva.co.id, Jumat, 11 Desember 2015, harga LG Leon di pasar luar negeri hanya dibanderol sekitar US$90 atau setara dengan Rp1.080.000. Di beberapa situs e-Commerce dalam negeri, LG Leon hanya dibanderol sekitar Rp1,5 jutaan.


Lain lagi dengan mainan atau asesoris. Untuk sebuah rubik bermerek Kuso harganya dinaikkan lebih dulu menjadi Rp97 juta sebelum didiskon lebih dari 100 persen menjadi hanya Rp69.575.


Satu set pulpen merek Kuso, yang hanya terdiri dari 3 buah alat tulis, didiskon lebih dari 100 persen menjadi hanya Rp74.688. Sebelumnya harga pulpen tersebut ditulis senilai Rp104 juta.


Namun diakui, tidak semua barang memiliki kenaikan harga fantastis seperti itu. Tetap saja, beberapa pengguna internet merasa kecewa dengan tingkah polah para e-commerce ini. Bahkan mereka menuangkan kekecewaan itu dalam media sosial.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya