Ini Cara PT Pos Indonesia Bangkitkan E-Commerce di Indonesia

Kantor PT Pos Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVA.co.id - PT Pos Indonesia telah mengungkapkan, sepenuhnya akan meningkatkan dan membantu e-commerce di Indonesia untuk terus berkembang.
 
“Kita komitmen, kita akan bantu tumbuhnya e-commere di Indonesia, kita membangkitkan market ini,” ujar Corporate Secretary PT Pos Indonesia, Amrizal dalam keterangannya kepada VIVA.co.id, Rabu 2 Desember 2015.
 
Kemudian, bentuk dukungan itu dikatakan Amrizal, dalam tiga hal yaitu pengiriman, pembayaran dan marketplace. Untuk pengiriman, seperti biasa, PT Pos Indonesia yang bergerak di bidang jasa pengiriman tentunya siap membantu.
 
Kerja sama pun terbuka bagi e-commerce yang ingin menggunakan jasa pengiriman dari PT Pos Indonesia.
 
“Pengiriman dari perusahaan ke customer dan dari customer ke perusahaan, seperti kerja sama dengan Zalora, itu tidak mudah dilakukan, PT Pos dipercaya untuk melakukan itu,” ucapnya.
 
Kemudian yang kedua terkait pembayaran atau payment, Amrizal mengatakan ada tiga hal proses yagn dilakukan e-commerce untuk melakukan pembayaran yaitu kartu kredit, debit, dan tunai.
 
Lalu, posisi PT Pos Indonesia selama ini sudah membantu proses pembayaran secara tunai. Kini, PT Pos pun sedang mengembangkan mobile payment untuk transaksi online.
 
Kemudian, PT Pos dikatakan juga membantu marketplace bagi daerah-daerah yang terpencil. Hal itu, ditegaskan, bukan bermaksud untuk menyaingi e-commerce, namun lebih kepada untuk membantu pengembangan bagi UKM-UKM.
 
“Untuk mempromosikan produk-produk yang sebagian besar UKM dan di daerah,” ungkapnya.
 
Fasilitas itu mereka namai dengan Gallery Pos, yang mana kini sudah terdapat hampir 200 jenis produk dari UKM.
 
PT Pos Indonesia dan platform e-commerce Zalora, bekerja sama dalam pengembalian barang atau return secara gratis. Dalam layanan ini, PT Pos Indonesia akan mengandalkan cabangnya yang tersebar di ribuan wilayah di Indonesia.

E-Commerce 'Bonek' Berambisi Taklukkan Ibu Kota
Pengguna smartphone

Empat Alasan Bisnis E-Commerce RI Terbesar di Asia

Indonesia memiliki jumlah pengguna smartphone terbesar di Asia.

img_title
VIVA.co.id
6 Agustus 2016